Meningkatkan Keterampilan Membuat Asbak Rokok Batok Kelapa Melalui Metode Explicit Instruction Bagi Anak Tunarungu Kelas IX Di SLB Negeri Aek Kanopan
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1225960.64
Abstract
Penelitian ini membahasi tentang bagaimana carai meningkatkani keterampilani membuat asbaki rokok batok bagi pesertai didik tunarungu melaluii metode explicit instruction. Penelitiani ini menggunakani jenisi penelitian tindakani kelas. Penelitiani tindakan kelas inidilaksanakan di kelas IXi SLB Negeri Aek Kanopan. Permasalahani yang melatarbelakangi penelitiani ini yaitui dii kelas IXi SLB Negerii Aek Kanopani sudah pernahi belajar tentang proses pembuatan asbak rokok batoki kelapa,i akan tetapii terdapat pesertai didik yang memiliki nilaii dibawah kriteria ketuntasan minimali dikarenakani mereka belumi terampil dalam membuat asbaki rokok batok kelapa. Penelitian ini menggunakani dengani duai siklus, setiap siklusnyai terdiri darii perencanaa, pelaksanaan tindakan, pengamatan dani refleksi. Teknik pengumpulani datai yang dgunakan yaitui observasi, dokumentasi, dan tes perbuatan. Adapuni hasil yang diperoleh pesertai didiki menggunakan dua siklus yaitui nilaii RR padai tindakan siklus I adalahi 47% dan pada siklusi IIi memperolehnilai sebesar 82%. Peserta didik SDP memperoleh nilaii disklus I sebesar 58% dani disiklus duai sebesar 78%. Dani untuk peserta didik berinisiali DP memperoleh nilai sebesar 71%i dan untuk siklusi IIi memperolehi nilai sebesar 91%. Berdasarkan dari data teresebut, kesimpulani darii keterampilan membuat asbak rokoki batok kelapa mengalamii peningkatani yang signifikani melalui metode explicit instruction.
Keywords
References
Ahmad, A. (2017). Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Iva Sd Negeri 01 Metro Pusat. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 75. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024
Arianti, B. I., Sahidu, H., Harjono, A., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 159.
Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Hadian, A., Ekonomi, F., Muslim, U., Al, N., & Medan, W. (2018). Pemanfaatan Batok Kelapa Untuk Peningkatan. 19–23. Hakim, M. P., & Martias, Z. (2020). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Vas Bunga dari Gelas Minuman
Bekas melalui Metode Demonstrasi bagi Anak Tunagrahita Ringan ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas X SLB Negeri 1 Lubuk Sikaping ). Ranah Research Journal Of Multidicsiiplinary Research and Development, 3(1), 95–104.
Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Raja Grafindo Presada.
Marlina. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. UNP Press.
Ningsih, W. S., & Zulmiyetri, Z. (2019). Model Explicit Intruction Dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Tempat Permen Dari Pita Kawat Bagi Anak Tunarungu. Urnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1).
Rosramadhana, R., & Harahap, A. R. (2015). Pemanfaatan Batok Kelapa menjadi Cinderamata sebagai Alternatif Penanggulangan Kemiskinan. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 90. https://doi.org/10.24114/jupiis.v6i2.2288
Yusuf, M. (2016). Metode Penelitian. Kencana.
Article Metrics
Abstract Views : 247 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.