Meningkatkan Keterampilan Membuat Asbak Rokok Batok Kelapa Melalui Metode Explicit Instruction Bagi Anak Tunarungu Kelas IX Di SLB Negeri Aek Kanopan

Anggriyeni Novi Dayanti(1), Mega Iswari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1225960.64

Abstract


Penelitian ini membahasi  tentang bagaimana carai   meningkatkani   keterampilani membuat  asbaki    rokok  batok  bagi  pesertai    didik tunarungu  melaluii    metode  explicit instruction.  Penelitiani    ini  menggunakani    jenisi    penelitian  tindakani    kelas.  Penelitiani tindakan kelas inidilaksanakan di kelas IXi  SLB Negeri Aek Kanopan. Permasalahani yang  melatarbelakangi  penelitiani    ini  yaitui    dii    kelas  IXi    SLB  Negerii    Aek Kanopani sudah pernahi  belajar tentang proses pembuatan asbak rokok batoki  kelapa,i  akan tetapii terdapat  pesertai      didik  yang  memiliki  nilaii      dibawah  kriteria  ketuntasan  minimali dikarenakani  mereka belumi  terampil dalam membuat asbaki  rokok batok kelapa. Penelitian  ini  menggunakani    dengani    duai    siklus,  setiap  siklusnyai    terdiri  darii perencanaa,  pelaksanaan  tindakan,  pengamatan  dani    refleksi.  Teknik  pengumpulani datai  yang dgunakan yaitui  observasi, dokumentasi, dan tes perbuatan. Adapuni  hasil yang diperoleh pesertai  didiki  menggunakan dua siklus yaitui  nilaii RR padai   tindakan siklus I adalahi   47% dan pada siklusi   IIi   memperolehnilai sebesar 82%. Peserta  didik  SDP  memperoleh  nilaii    disklus I  sebesar  58% dani    disiklus duai sebesar 78%. Dani   untuk peserta didik berinisiali   DP memperoleh nilai sebesar 71%i dan untuk siklusi   IIi   memperolehi   nilai sebesar 91%. Berdasarkan dari data teresebut, kesimpulani       darii       keterampilan   membuat   asbak   rokoki       batok   kelapa   mengalamii peningkatani  yang signifikani  melalui metode explicit instruction.


Keywords


Asbak Rokok Batok Kelapa, Metode Explicit Instruction, Tunarungu

References


Ahmad, A. (2017). Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Iva Sd Negeri 01 Metro Pusat. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 75. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024

Arianti, B. I., Sahidu, H., Harjono, A., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 159.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Hadian, A., Ekonomi, F., Muslim, U., Al, N., & Medan, W. (2018). Pemanfaatan Batok Kelapa Untuk Peningkatan. 19–23. Hakim, M. P., & Martias, Z. (2020). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Vas Bunga dari Gelas Minuman

Bekas melalui Metode Demonstrasi bagi Anak Tunagrahita Ringan ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas X SLB Negeri 1 Lubuk Sikaping ). Ranah Research Journal Of Multidicsiiplinary Research and Development, 3(1), 95–104.

Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Raja Grafindo Presada.

Marlina. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. UNP Press.

Ningsih, W. S., & Zulmiyetri, Z. (2019). Model Explicit Intruction Dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Tempat Permen Dari Pita Kawat Bagi Anak Tunarungu. Urnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1).

Rosramadhana, R., & Harahap, A. R. (2015). Pemanfaatan Batok Kelapa menjadi Cinderamata sebagai Alternatif Penanggulangan Kemiskinan. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 90. https://doi.org/10.24114/jupiis.v6i2.2288

Yusuf, M. (2016). Metode Penelitian. Kencana.


Article Metrics

 Abstract Views : 170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.