MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT DOMPET DARI BARANG BEKAS MELALUI MEDIA VIDEO TUTORIAL BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN (Classroom Action Research Kelas VII di SLB Negeri Aek Kanopan)

Nur Asiyah(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1224230.64

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yang dialami oleh anak tunagrahita ringan yang mengalami kesulitan dalam membuat dompet dari kotak pasta gigi mulai dari mengenal alat, bahan, langkah-langkah pembuatan dompet dari kotak pasta gigi dari alat, bahan dan langkah – langkahnya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses pembuatannya dan membuktikan bahwa media video tutorial dapat meningkatkan jumlah orang membuat dompet dari kotak pasta gigi bagi anak tunagrahita ringan kelas VII di SLB Negeri Aek Kanopan. Jenis angket yang digunakan  adalah angket  kelas tindakan.  Pengumpulan data dilakukan dengan  melalui observasi,  pengujian  dokumentasi  dan diolah  secara   kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan berdasarkan observasi dan analisis yang disediakan oleh guru dan siswa kemudian diolah dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunakan video tutorial dapat meningkatkan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk membuat kubah dari pasta gigi bagi anak tunagrahita ringan kelas tujuh di SLB Negeri Aek Kanopan


Keywords


Video Tutorial; Dompet; Barang Bekas; Tunagrahita Ringan

References


Ardisal, dan Asmadi. (2013). Meningkatkan Keterampilan Membuat Rak Dari Kardus Pada Anak Tunagrahita Ringan.http://ejournal.unp.ac.id/ index.php/jupekhu/article/view/2124/1788.

Ardisal, & Elvida. (2018). Efektivitas Media Video Tutorial terhadap Keterampilan Membuat Lip Balm bagi Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 172–177.

Faizudin. 2015. Analisis Pemilihan Bahan Baku Dalam Upaya Mengendalikan Kualitas Produk. Jurnal Content, Vol 1 No 1

Sadiman. (2011). Media pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

 Abstract Views : 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.