Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Aplikasi Marbel Pada Anak Tunagrahita Ringan

Yaitolo Mendrofa(1), Armaini Armaini(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1224020.64

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di SLB Negeri Gunungsitoli. Hasil permasalahan yang ditemukan adalah seorang siswa yang teridentifikasi anak tunagrahita ringan, siswa tersebut memiliki permasalahan pada siswa tersebut memiliki permasalahan pada membaca permulaan, diketahui bahwa kemampuan mengenal huruf pada anak tunagrahita ringan di SLB Negeri Gunugsitoli. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak tunagrahita ringan di SLB Negeri Gunungsitoli dengan menggunakan media aplikasi Marbel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah seorang anak tunagrahita ringan kelas II-C di SLB Negeri Gunungsitoli. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan dan dokumentasi, alat pengumpul data yang dipakai dalam penelitian ini adalah frekuensi. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis ditampilkan dalam bentuk visual grafik. Hasil dari penelitian ini dianalisis menggunakan dua komponen yaitu siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian yang dianalisis, mencakup jumlah pengamatan pada siklus. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media Aplikasi Marbel dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak tunagrahita ringan.

Keywords


Mengenal Huruf, Aplikasi Marbel Tunagrahita Ringan

References


Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 4(1).

Hidayah, M., Sujadi, I., & Pangadi, P. (2014). Proses Berpikir Siswa Tunagrahita Ringan Dalam Memecahkan Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita Pada Operasi Hitung Campuran. Journal of

Mathematics and Mathematics Education, 4(1), 20–32. https://doi.org/10.20961/jmme.v4i1.9990

Salma, R. A. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF “MARBEL RAJA” UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AKSARA JAWA. 6.

Surayya, S., Mubarok, H., Nahdlatul, I., & Jepara, U. (2021). Membaca Anak Disleksia. 6.

Yolanda, S. T., & Damri, D. (2022). Efektivitas Aplikasi Marbel Berbasis Android dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Disleksia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1563–1569. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2261


Article Metrics

 Abstract Views : 163 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.