Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Ekosistem dengan Menggunakan Metode Outdoor Learning pada Siswa Tunanetra

Hikma Seri Siagian(1), Iga Setia Utami(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1223710.64

Abstract


Penelitian ini berawal dari permasalahan anak tunanetra kelas VII SLBN padangsidimpuan belum paham dalam pelajaran IPA yang berhubungan dengan ekosistem. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi ekosistem menggunakan metode outdoor learning pada siswa tunanetra kelas VII di SLBN padangsidimpuan. Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah jenis desain penelitian yang penulis terapkan. Data dikumpulkan dengan melihat bagaimana sesuatu dilakukan; didokumentasikan, kemudian diproses secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian, nilai didapat MH pertemuan satu sampai empat: 40%, 45%, 45%, dan 50%, JH mendapat nilai 45%, 50%, 55%, dan 60% dan AR mendapat nilai 45%, 50%, 55%, dan 65%. Sedangkan pada siklus II dari pertemuan satu sampai empat nilai yang diperoleh MH 60%, 70%, 85%, dan 95%, JH 70%, 75%, 90%, dan 100% dan AR mendapat nilai 70%, 80%, 90%, dan 100%. Maka penulis menyimpulkan bahwa metode outdoor learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi ekosistem pada siswa tunanetra kelas VII di SLBN padangsidimpuan

Keywords


Outdoor Learning; Ekosistem; Tunanetra

References


Hidayat, Rafi’an. (2015). Model Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Tunanetra. Jurnal Pendidikan Khusus-Vol 7 No 3 (2015): volume 7 edisi yudisium. https://ejournal.unesa.ac.id/index. php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/12876.

Husamah. (2013). Pembelajaran di Luar Kelas(Outdoor Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka.

Mainah. (2018). Penerapan Metode Outdoor Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA Materi Ciri-ciri Makhluk Hidup Kelas III SDN Semalang Kecamatan Kopang Tahun Pelajaran 2016/2017. JISIP, Vol 2 No 1.

Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Media Grup.

Vera, Adelia. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Yogyakarta: Diva Press.


Article Metrics

 Abstract Views : 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.