Bentuk Penanganan Tindakan Bullying Pada Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif

Sri Rofiatul Amalia(1), Marlina Marlina(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1222080.64

Abstract


Penelitian ini diangkat dari banyaknya informasi bahwa peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) mendapatkan tindakan bullying di sekolah inklusif. dan juga adanya bullying pada PDBK di SD Negeri 17 Jawa Gadut. Tujuan penelitian ini untuk mencari informasi mengenai bentuk penanganan tindakan bullying pada PDBK. Jenis penelitian kualitatif metode deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis naratif. Keabsahan data menggunakan triangulasi dengan metode dan sumber. Hasil dari penelitian ini ialah SD Negeri 17 Jawa Gadut memiliki keseluruhan level sesuai dengan pendekatan multiple level bentuk penanganan bullying yang terdiri dari level sekolah, level kelas dan level individu. Temuan khusus dari penelitian ini ialah masih adanya tindakan bullying pada PDBK di sekolah ini, walaupun sekolah sudah menjadi penyelenggara pendidikan inklusif yang berakreditasi A dan mendapatkan sosialisasi rutin dari Bhabinkamtibmas kelurahan Limau Manis mengenai bullying dan kekerasan pada anak dan remaja. 


Keywords


tindakan bullying; peserta didik berkebutuhan khusus; inklusif

References


Andri, P. (2010). Let’s End Bullying. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ardisal, A., & Damri, D. (2013). Pelaksanaan Pembelajaran Siswa Berkebutuhan Khusus Di SMK Negeri 4 Padang. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 105. https://doi.org/10.24036/pendidikan.v13i1.2216

Damri. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Inklusi Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Padang. Pendidikan. Retrieved from file:///H:/jurnal Damri/Damri_2019_19.pdf

Damri, D., Engkizar, E., Syafril, S., Asril, Z., K, M., Rahawarin, Y., Amnda, V. (2020). Factors and Solutions of Students’ Bullying Behavior. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 5(2), 115–126. https://doi.org/10.34125/kp.v5i2.517

Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di Indonesia. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 223–227. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13530

Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526

Iqbal, F., Senin, M. S., & Nordin, M. N. B. (2021). A Qualitative Study: Impact of Bullying on Children with Special Needs. Linguistica Antverpiensia, 2(June). Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Faiza-Iqbal-6/publication/352092653_A_Qualitative_Study_Impact_of_Bullying_on_Children_with_Special_Needs/links/60b8bf92299bf10dff8e790f/A-Qualitative-Study-Impact-of-Bullying-on-Children-with-Special-Needs.pdf

Juniarti, Ni Luh Ayu & Susila, I. K. D. (2021). Teacher Strategy to Prevent Bullying for Special-NeedStudent in Inclusive School at Australian Independent School in Academic Year 2020. 12(2), 288–305.

KPAI. (2020). Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal 2020, Begini Kata Komisioner KPAI. Retrieved from https://www.kpai.go.id/publikasi/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatan-masalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai

Mahesa, G. B., Damri, & Azwandi, Y. (2013). Perencanaan pembelajaran oleh guru di SMP Negeri 23 Padang dalam setting inklusi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 2(3), 291–305.

Mark, L., Värnik, A., & Sisask, M. (2019). Who Suffers Most From Being Involved in Bullying—Bully, Victim, or Bully-Victim? Journal of School Health, 89(2), 136–144. https://doi.org/10.1111/josh.12720

Marlina. (2014a). Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusi. Penelitian Pendidikan, 5(1).

Marlina. (2014b). Peer Mediated Intervention untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Inklusif. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(4), 368–382.

Marlina. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Marlina. (2019a). Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Marlina. (2019b). Asesmen Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Afifa Utama.

Marlina & Muchsim. (2020). Asesmen Akademik Panduan Praktis bagi Guru dan Orang Tua (Vol. 1). Padang: CV Afifa Utama.

Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2019). Differentiated Learning for Students with Special Needs in Inclusive Schools. 382(Icet), 678–681. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.164

Marti, A. D. & M. (2012). Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar Kota Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 1–13.

Muntasiroh, L. (2019). Jenis-Jenis Bullying Dan Penanganannya Di Sd N Mangonharjo Kota Semarang. Jurnal Sinektik, 2(1), 106. https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2983

Olweus, D., & Limber, S. P. (2010). Bullying in school: Evaluation and dissemination of the olweus bullying prevention program. American Journal of Orthopsychiatry, 80(1), 124–134. https://doi.org/10.1111/j.1939-0025.2010.01015.x

Programme for International Student Assessment. (2018). Murid Korban Bullying di Indonesia Tertinggi Kelima di Dunia. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/12/12/pisa-murid-korban-bul%09ly-d%09i-indonesia-tertinggi-kelima-di-dunia.

Puryanti, Y. A. T., & Harmanto. (2016). Strategi Sekolah dalam Mengatasi Bullying pada Siswa Berkebutuhan Khusus. 1204025424(70), 1547–1561.

Sakinah, D. N., & Marlina, M. (2018). Perilaku Bullying terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif Kota Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 1–6.

Sari, Y. P., & Azwar, W. (2018). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 333–367. https://doi.org/10.24042/ijpmi.v10i2.2366

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alafabeta.

Tarigan, A. F., & Marlina, M. (2019). Pola Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif di Kota Padang. PAKAR Pendidikan, 17(2), 43–52. https://doi.org/10.24036/pakar.v17i2.26

Whitted, K. S., & Dupper, D. R. (2005). Best Practices for Preventing or Reducing Bullying in Schools. ERIC, 167–175.

Yusuf, H., & Fahrudin, A. (2012). Perilaku Bullying: Asesmen Multidimensi Dan Intervensi Sosial. Jurnal Psikologi, 11(2), 10. https://doi.org/10.14710/jpu.11.2.10


Article Metrics

 Abstract Views : 360 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.