Efektivitas Model Explicit Instruction Dalam Meningkatkan Kemampuan Memasang Jilbab Segi Empat Bagi Anak Tunagrahita Sedang

Desi Sri Muliani(1), Kasiyati Kasiyati(2), Gaby Arnez(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Penelitian dilatar belakangi oleh permasalahan seorang anak tunagrahita sedang kelas VIII SMPLB belum mampu menggunakan jilbab segi empat karena siswa belum di ajarkan oleh guru dan orang tua untuk memasang jilbab segi empat, sedangkan untuk siswa tingkat SMP sudah diwajibkan menggunakan jilbab segi empat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model explicit instruction dalam meningkatkan memampuan memasang jilbab bagi anak tunagrahita sedang.  Kondisi A1 diperoleh hasil 20%, 35%, 35%. 35%. Kondisi B diperoleh hasil 40%, 45%, 50%, 45%, 60%, 60%, 60%. Kondisi A2 diperoleh hasil 70%, 80%, 80%, 80%. Hasil analisi data, dapat disimpulkan model  explicit   instruction bagi siswa tunagrahita sedang  efektiv dalam meningkatkan kemampuan memasang jilbab pada anak tunagrahita sedang.

Keywords


Memasang jilbab segi empat, model explicit instruction, tunagrahita sedang.

References


Dermawan, O. (2018). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886–897.

Puspitasari, T., Susilo, B., & Coastera, F. F. (2016). Tunagrahita Berbasis Web. Jurnal Rekursif, 4(1), 1–13.

Afiffah, N., & Soendari, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Tunagrahita Sedang melalui Media Gambar di SLB B-C YPLAB Kota Bandung. Jassi Anakku, 18(1), 47–54.

Kratochwill, T. R. (2013). Single subject research: Strategies for evaluating change. Academic Press.

Marlina, M. (2021). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal.


Article Metrics

 Abstract Views : 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.