Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Autisme Melalui Metode Syllabic (Single Subject Research di SDN 33 Payakumbuh)

Dwi Rahmania Hendri(1), Johandri Taufan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1221370.64

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini memiliki tujuan agar membuktikan bahwa metode syllabic bisa meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa autisme di SDN 33 Payakumbuh. Latar belakang dari penelitian yaitu adanya permasalahan pada siswa autisme yang belum mampu membaca permulaan. Siswa belum bisa membaca kata pada pola kvk-kv. Jenis penelitian yang digunakan ialah eksperimen pada bentuk subjek tunggal dalam desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ialah satu orang siswa autisme kelas 1 SD. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini memakai tes dengan alat pengumpulan data berbentuk instrumen tes keterampilan membaca pada kata. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada tiga kondisi A-B-A selama 15 kali pertemuan diperoleh data kondisi baseline (A1) dengan persentase 38,3%, 40%, 40%, 40% yang dilakukan selama 4 kali pengamatan. Kondisi intervensi (B) diperoleh data 41,6%, 50%, 62,5%, 66,6%, 76,6%, 80%, 80%. Pada kondisi baseline (A2) diperoleh data 85,8%,86,6%, 86,6%,86,6% dengan 4 kali pertemuan. Berdasarkan  analisis data yang didapatkan menunjukkan keterampilan membaca permulaan dengan pola kata kvk-kv meningkatkan setelah menggunakan metode syllabic pada siswa autisme dilihat dengan adanya peningkatan keterampilan membaca permulaan dari kondisi baseline hingga ke kondisi setelah diberikan intervensi.

Keywords


Membaca Permulaan, Metode Syllabic, Autisme

References


Ballerina, T. (2017). Meningkatkan Rentang Perhatian Anak Autis dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf. Inklusi, 3(2), 245. https://doi.org/10.14421/ijds.030205

Bella Oktadiana. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 5(9), 1689–1699.

Bellakarina, N. A., & Yuliyati. (2018). Pengaruh Metode Suku Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tunarungu di SLB Al Hidayah Caruban. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–15.

Hasanah, L., & Syafrida, R. (2021). ANALISIS DESKRIPTIF PENGGUNAAN METODE SYLLABIC UNTUK MENGATASI KESULITAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 6(2), 166–175.

Irdamurni, Kasiyati, Zulmiyetri, & Taufan, J. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU PADA PEMBELAJARAN MEMBACA ANAK DISLEKSIA. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2).

Iswari, M., & Nurhastuti, N. (2018). Pendidikan Anak Autisme. Goresan Pena.

Mustikawati, R. (2015). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata (Syllabic Method) Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Nayu Barat III Banjarsari Surakarta Tahun 2014/2015. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 2(1), 41–56.

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650


Article Metrics

 Abstract Views : 169 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.