Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Gangguan Spektrum Autisme (GSA) Melalui Pendekatan Picture Exchange Communication System (PECS)

Melinda Sri Wahyuni(1), Rahmahtrisilvia Rahmahtrisilvia(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang, terdapat siswa autisme berusia 10 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pendekatan picture exchange communication system (PECS) dalam meningkatkan kemampuan bahasa reseptif pada anak gangguan spektrum autisme di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A - B - A. Pengumpulan data pada kondisi baseline (A) secara kontiniu selama 4 kali pertemuan, memberikan intervensi dengan menggunakan pendekatan picture exchange communication system (PECS) (B) dilaksanakan selama 7 kali pertemuan, serta kondisi baseline yang kedua (A2) selama 4 kali pertemuan. Variabelnya dianalisis menggunakan persentase. Hasil analisis kemampuan bahasa reseptif dengan bantuan pendekatan picture exchange communication system (PECS). Pada baseline (A) dengan mean level 35. Kemudian pada kondisi intervensi (B) dengan mean level 60 dan kondisi baseline A2 dengan kemampuan anak meningkat dengan mean level 95. Dari data yang didapat dari penelitian ini, menunjukkan pendekatan picture exchange communication system efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif pada anak gangguan spektrum autism di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang.


Keywords


Bahasa Reseptif, Gangguan Spektrum Autisme (GSA), Picture Exchange Communication System (PECS)

References


Applied, P., Analysis, B., Behavior, V., Vb, A. B. A., Anak, T. K., & Autis, S. (2020). JURNAL PENDIDIKAN KHUSUS PENERAPAN APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS VERBAL BEHAVIOR ( ABA VB ) TERHADAP KOMUNIKASI EKSPRESIF ANAK SPEKTRUM DENGAN AUTIS Diajukan kepada Universitas Negeri Surabaya untuk Memenuhi Persyaratan Penyelesaian Program Sarjana Pendidikan. 1–7.

Axelrod, S., Azrin, N. H., Friman, P. C., Heimberg, R. G., Hundert, J., Kelly, J. A., College, M., Bondy, A., & Frost, L. (2001). Behavior Modification Special Issue: Autism. 671–803.

Damarwulan, Y. B. (2016). Anak Gangguan Spektrum Autism. In Oxford University Press.

Engel. (2014). Metode mendongeng dapat meningkatkan bahasa reseptif pada anak autis. Metode Mendongeng Dapat Meningkatkan Bahasa Reseptif Pada Anak Autis, 13–40.

Fatwikiningsih, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Berkomunikasi dengan Gambar pada Anak dengan Ciri Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas. Jurnal Sains Dan Praktik Psikologi, 2(3), 226–242.

Friantary, H. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 127.

Jusoh, W., & Majid, R. A. (2017). Using Picture Exchange Communication System To Improve Speech Utterance Among Children With Autism. Journal of ICSAR, 1(1), 46–49.

Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 279–285.

Marlina, M. (2021). Single Subject Research (Penelitian Subjek Tunggal).

Rahmahtrisilvia, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Pada Anak Autistik Menggunakan Dukungan Visual. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 128.

Rahmahtrisilvia, R., Setiawan, R., & Sopandi, A. A. (2022). Asesmen Gaya Belajar untuk Anak Gangguan Spektrum Autisme.

Yusuf, R. (2016). EKSPRESIF PADA ANAK AUTIS TREATMENT OF VISUAL receptive and expressive language DEVELOPMENTS IN CHILDREN Autism ( Autism Research Institute ) . Di Inggris , datanya. Jurnal Ilmu Keperawatan, 2, 97–107.


Article Metrics

 Abstract Views : 446 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.