Efektivitas Alat Trigonal Pencil Untuk Meningkatkan Keterampilan Pramenulis Pada Anak Gangguang Spektrum Autisme

Nadia Nadia(1), Rahmahtrisilvia Rahmahtrisilvia(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB N 2 Padang, terdapat  siswa autisme berusia 14 tahun . Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh alat trigonal pencil  dalam meningkatkan keterampilan pramenulis pada anak gangguan spektrum autisme di SLB N 2 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A - B - A. Pengumpulan data pada kondisi baseline (A1) secara kontiniu selama 4 kali, memberikan intervensi dengan menggunakan alat trigonal pencil (B) dilakukan selama 8 kali, melihat kondisi baseline yang kedua (A2) selama 5kali. Hasil analisis keterampilan pramenulis. Pada kondisi baseline (A1) dengan mean level 39,425. Kemudian pada kondisi intervensi (B) dengan mean level 52,2. dan kondisi baseline A2 dengan kemampuan anak meningkat dengan mean level 79,98. Dari data yang didapat dari penelitian ini, menunjukkan trigonal pencil efektif untuk meningkat keterampilan pramenulis pada anak gangguan spektrum autisme di SLB N 2 Padang. ivated by the problems found in SLB N 2 Padang, there are students with autism aged 14 years. 


Keywords


Keterampilan pramenulis, alat trigonal pencil, anak ganguan spectrum autisme

References


Effendi, J., Kasiyati, & Armaini. (2015). EFEKTIFITAS ALAT TRIGONAL PENCIL DALAM PENINGKATAN MENULIS PADA ANAK KESULITAN BELAJAR DI SDN 20 KALUMBUK PADANG. E-Jupekhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus),

Kasdanel, P. (2013). EFEKTIFITAS SENSORI INTEGRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK AUTIS DI TI-JI HOME SCHOOLING PADANG. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(Mei), 248–255.

Marlina, M. (2021). Single Subject Research : Penelitian Subjek Tunggal Raja Grafindo Persada.

Nation, K., & Penny, S. (2008). Sensitivity to eye gaze in autism: Is it normal? Is it automatic? Is it social? Development and Psychopathology, 20(1), 79–97.

Rahmahtrisilvia, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Pada Anak Autistik Menggunakan Dukungan Visual. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 128.

Rahmahtrisilvia, R., Setiawan, R., & Sopandi, A. A. (2022). Asesmen Gaya Belajar untuk Anak Gangguan Spektrum Autisme.

Seran, G. G. (2018). METODE VAKT BERMEDIA MARBELTERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK AUTIS. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–15.


Article Metrics

 Abstract Views : 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.