Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Pada Pembelajaran IPS Siswa Tunagrahita Ringan

Afifah Aulia(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Penelitian bertujuan meningkatkan partisipasi aktif siswa dengan model pembelajaran learning cycle siswa kelas V/C SLB Aisyiyah Sijunjung. Partisipasi aktif pada penelitian ini ialah terlibatnya siswa pada kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas, peneliti bertugas sebagai pelaksana kegiatan, guru kelas bertugas sebagai pengamat. Desain penelitiannya yaitu model Kemmis dan Mc Taggart. Kegiatan penelitian dilakukan di semester genap TA 2021/2022 bulan Agustus. Subjek penelitian siswa kelas V/C SLB Aisyiyah Sijunjung, 5 siswa. Objek penelitian adalah partisipasi aktif siswa selama kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yaitu lembar observasi, tes tertulis dan catatan guru. Data diuraikan secara deskriptif dan disuguhkan dalam bentuk grafik dan tabel. Hasil penelitian menampilkan perubahaan partisipasi aktif siswa. Di siklus I sebesar 44% kategori kurang, pada siklus II mengalami peningkatan 75% kategori baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 31%. Karena itu pemanfaatan strategi pembelajaran learning cycle pada pembelajaran IPS mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa kelas V/C SLB Aisyiyah Sijunjung.

Keywords


Tunagrahita; Learning Cycle; Partisipasi; IPS; Pembelajaran.

References


Izzaty, R. E. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E, 3E, dan 7E. 1, 170–171.

Mulyati, E. N. (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Kemampuan Kinestetik Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV di SLB YPDP Kota Bandung. 4(1), 1–23.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Rezannia, V., & Afandi, R. (2020). Buku Ajar Mata Kuliah Pengembangan Pembelajaran IPS SD (M. F. Amir (ed.)). UMSIDA Press.

Setiawan, A. (2016). The Effects Of 5E Learning Cycle with Problem Posing on Polyhedron Viewed from the Mathematichs learning Motivation. Proceeding The First International Conference on Education. 2. 2-5.

Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran (1st ed.). Deepublish. https://doi.org/https://books.google.co.id/books?id=kQ1SDwAAQBAJ&printsec=copyright&hl=id#v=onepage&q&f=false


Article Metrics

 Abstract Views : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.