MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GLOBAL BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

Imelda Srihayaty HP(1), Zulmiyetri Zulmiyetri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Penelitian ini berawal dari permasalahan anak tunagrahita ringan mengalami kesulitan membaca kombinasi dua huruf atau lebih. Kondisi ini terlihat dari pengamatan penulis saat membaca pendahuluan bahwa semua siswa dapat melafalkan semua vokal, tetapi ketika vokal dan vokal digabungkan, guru tidak fokus pada pemahaman bacaan siswa dan Anda mendapatkan kesalahan karena tidak mengulang materi. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses peningkatan dan mengetahui hasil kemampuan membaca permulaan melalui metode global. Desain penelitian yang penulis gunakan berbentuk PTK. Data dikumpulkan melalui pengamatan terhadap pelaksanaan, dokumentasi kegiatan, kemudian diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian, nilai didapat AS pertemuan satu sampai empat: 43,7%, 46,8%, 50%, dan 50%, dan RA memperoleh nilai 46,8%, 50%, 50%, dan 53,1%. Sedangkan pada siklus II bertambah meningkat nilai yang diperoleh NG dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat yaitu 59,3%, 71,8%, 84,3%, dan 93,7%. Sedangkan RA memperoleh nilai 65,6%, 81,2%, 90,6%, dan 96,8%. Dengan demikian penulis menyimpulkan penggunaan metode global dapat meningkatkan kemampuan membaca anak tunagrahita ringan kelas III di SLB Negeri Padangsidimpuan

Keywords


Global; Membaca Permulaan; Anak Tunagrahita Ringan

References


Dwi, Sina. P. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Global Pada Siswa Tunarungu Kelas Dasar Ii Di Sekolah Luar Biasa (Slb) Bhakti Wiyata Kulon Progo. Jurnal- PROGRAM STUDI PENDIDIKAN LUAR BIASA-UNY.

Enny, Zubaidah. (2013). Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Diagnosa dan Cara Mengatasinya. Diakses dari http://staff,uny.ac.id. Pada tanggal 6 Juni 2015.

Mangunsong, Frieda. (2014). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok : LPSP3 UI.

Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Media Grup.

Subana dan Sunarti. (2000). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Berbagai Pendekatan, Metode, Teknik dan Media Pengajaran, Bandung: Pustaka Setia

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Perdana.


Article Metrics

 Abstract Views : 273 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.