MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL MEMBUAT SATE SINGKONG PELANGI MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Abstract
Permasalahan yang melatar belakangi ialah pada kelas VIII SLB N 1 Ampek Angkek telah pernah diajarkan mengenai pembuatan sate singkong pelangi, akan tetapi peserta didik memiliki nilai dibawah krireria ketuntasan minimal dikarenakan mereka belum terampil dalam membuat sate singkong pelangi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan dalam membuat sate singkong pelangi, dan untuk mengetahui apakah metode picture and picture bisa meningkatkan keterampilan vokasional memasak sate singkong pelangi untuk anak tunagrahita ringan kelas VIII di SLB N 1 Ampek Angkek. nilai awal anak R 31%. Pada siklus I terjadi peningkatan yaitu 59%. Pada siklus II meningkat menjadi 91%. Pada anak Z kondisi awal anak 38%. Pada siklus I terjadi peningkatan yaitu 57%. Pada siklus II meningkat menjadi 88%. Dengan hasil yang telah diperoleh maka disimpulkan metode picture and picture bisa meningkatkan kemampuan keterampilan vokasional membuat sate singkong pelangi untuk anak tunagrahita ringan di SLB N 1 Ampek Angkek
Keywords
References
Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pusataka Pelajar.
Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Padang: Raja Gravindo Presada.
Putri, R. K., Tarmansyah, & Fatmawati. (2013). Efektifitas Penggunaan Media Poster Untuk Mengenalkan Pakaian Daerah Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Al Hidayah Padang. E-jupekhu, 2(3), 141–152.
Saleh, I. (2017). Peningkatan Kompetensi Melalui Program Keterampilan Vokasional di SLB-B YPALB Karanganyar. Institut Agama Islam Negeri Surakarta
Article Metrics
Abstract Views : 246 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.