Strategi Guru dalam Mengembangkan Orientasi Mobilitas pada Siswa Tunanetra di SLB N 1 Ampek Angkek

Anisa Rahmi(1), Fatmawati Fatmawati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1203520.64

Abstract


Penelitian ini diangkat dari temuan yang didapatakan di SLB N 1 Ampek Angek. Ditemukan seorang siswa yang mendapatkan hambatan penglihatan saat masa perkembangan hingga menjadi buta total, namun memiliki kemampuan baik dalam orientasi mobilitas (OM). Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Responden penelitian yaitu guru tunanetra yang mengajarkan OM dan kepala sekolah. Teknik pengumupulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Alat pengumpulan data yaitu peneliti sendiri yang mengembangkan instrumen penelitian sederhana. Teknik analisis data berupa teknik analisis data model Miles dan Huberman. Berdasarkan penelitian diperoleh data mengenai strategi guru melatih siswa tunanetra dalam OM ialah dengan memberikan penjelasan materi OM, melakukan praktek OM, serta memberikan pujian dan motivasi kepada siswa. Kendala yang dihadapi guru dalam melatih OM berupa aplikasi metode pembelajaran demonstrasi serta sarana prasarana. Upaya mengatasi kendala pembelajaran OM berupa menambah durasi serta frekuensi pembelajaran OM dan memeberikan penjelasan lokasi-lokasi yang kurang aksesibilitas dengan jelas dan menyeluruh

Keywords


Strategi Guru; Orientasi; Mobilitas; Tunanetra.

References


Ermayuni, A., & Fatmawati, F. (2019). Peranan teman sebaya dalam orientasi dan mobilitas lingkungan sekolah pada siswa tunanetra di SMKN 7 Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1), 190–197.

Fatmawati. (2013). Profesional Guru Pada Pendidikan Anak Gangguan Intelektual. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1), 118–123.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Oktari, W., Harmi, H., & Wanto, D. (2020). Strategi Guru dalam Pembelajaran Pai pada Anak Berkebutuhan Khusus. 2(2), 13–28.

Oktarina, T., & Fatmawati. (2021). Prevalensi Anak Berkebutuhan Khusus di Kecamatan Matur. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(2), 96–102. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i2.578

Salim & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Citapustaka Media.

Suardi, & Marwan. (2019). Strategi Pembelajaran. Bantul Yogyakarta:Parama Ilmu.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumekar, G. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus. Padang:UNP PRESS.


Article Metrics

 Abstract Views : 267 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.