Efektivitas Metode Latihan Dalam Permainan Engklek Untuk Meningkatkan Koordinasi Mata, Tangan dan Kaki Anak Tunagrahita Ringan

Juriya Utama(1), Nurhastuti Nurhastuti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Penelitian ini membahas tentang efektivitas metode latihan dalam permainan engklek untuk meningkatkan koordinasi mata, tangan dan kaki di SLB Negeri 1 Padang. Penelitian ini terdapat subjek seorang anak dengan hambatan intelegtual yang duduk di kelas V sekolah dasar luar biasa Negeri 1Padang. Metode Single Subject Research digunakan dalam penelitian ini dan penggunaan desain A-B-A untuk jenis penelitian ini. Baseline (A1), intervensi (B), dan baseline (A2) merupakan aspek tiga kondisi pada desain A-B-A. instrumen tes digunakan sebagai pengumpulan data dalam penelitian ini. Teknik analisis visual memakai grafik digunakan untuk mengetahui hasil penelitian ini. Hasil penelitian menyatakan bahwa pemberian intervensi menggunakan metode latihan dalam permainan engklek dapat meningkatkan koordinasi mata, tangan dan kaki anak tunagrahita ringan. Kesimpulan penelitian ini bahwa kemampuan koordinasi mata, tangan dan kaki anak runagrahita dapat meningkat menggunakan metode latihan dalam permainan engklek.

Keywords


Metode latihan, Engklek, Tunagrahita ringan

References


Atik Wartini & Muhammad Askar, 2015. Al-Quran Dan Pemanfaatan Permainan Edukatif Pada Anak Usia Dini, Jurnal Al-Afkar, 3(1). 100.

Elsa Efina. 2013. Bahan Ajar Mata Kuliah Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. Universitas Negeri Padang.

Kurnia, F. A. S., & Andun, S. Pengaruh Olahraga Tradisional Sunda Manda (Engklek) Terhadap Motorik Kasar Gerak Lokomotor Melompat Pada Anak Difabel (Tunagrahita Ringan) SLB Siswa Budhi Surabaya. Jurnal Kesehatan Olahraga, 7(2). 219-224

Marlina. 2021. Single Subject Research Penelitian Subjek Tunggal. Depok: Rajawali Press PT. Raja Grafindo Persada.

Sunanto, J., Takeuchi, K,. & Nakata, H. 2005. Pengantar Penelitian Dengan Subjek Tunggal. In CRICED University of Tsukuba. University of Tsukuba.

Wikasanti. 2014. Pengembangan Life Skill Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Redakdi Maxima


Article Metrics

 Abstract Views : 117 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.