PERAN ORANG TUA DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM BINA GERAK UNTUK KEMANDIRIAN ANAK CEREBRAL PALSY

Novi Tiahirani(1), Nurhastuti Nurhastuti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memberikan gambaran  peran orang tua dalam melaksanakan program bina gerak untuk kemandirian anak cerebral palsy, kendala yang dihadapi, dan solusi yang harus dilakukan orang tua untuk menghadapi kendala-kendala dalam melaksanakan program bina gerak untuk kemandirian anak cerebral palsy. Metodologi penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini terdapat dua orang narasumber orang tua yang memiliki anak cerebral palsy. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara serta dokumentasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peran penting pada orang tua dalam melaksanakan program bina gerak pada kemandirian anak cerebral palsy. Penelitian ini menunjukkan peran orang tua yang baik dalam membantu perkembangan gerak anak dengan cara rutin melaksanakan program bina gerak melalui kegiatan sehari-hari. Kendala yang dihadapi orang tua dalam melaksanakan program bina gerak yaitu kesibukan pekerjaan orang tua dan kondisi mood anak yang tidak baik. Solusi yang dilakukan oleh para orang tua menghadapi kendala saat proses melaksanakan program bina gerak adalah dengan menyempatkan waktu, dan  tidak memaksakan anak untuk melaksanakan program bina gerak saat kondisi mood anak tidak baik.

Keywords


Orang tua, program bina gerak

References


Aldan, Aidil. (2022). Analisis Program Bini Diri Sebagai Upaya Kemandirian Anak Tunadaksa di Yayasan Pembinaan Anak Cacat Kota Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Asrianti, Y., & Nurhastuti, N. (2022). Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pendidikan Nilai-Nilai Sosial Pada Anak Cerebral Palsy. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 47–54.

Hayatun, dkk. (2020). Mengembangkan Kemandirian Diri ABK. Universitas Lambung Mangkurat.

Healudin & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif ( Tinjauan Teori dan Praktek). Banten: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Ni'mah. 2016. Peranan Orang Tua Dalam Membimbing Anak Untuk Melaksanakan Sholat Lima Waktu Di Lingkungan Pasar Khayan Palangka Raya (Studi Terhadap Lima Kepala Keluarga Yang Berprofesi Sebagai Pedagang). Skripsi. Institut Negeri Islam Palangka Raya.

Nurhastuti. (2019). Bahan Ajar Mata Kuliah Perspektif Pendidikan Anak Tuna Daksa.

Nurhastuti, N., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., Iswari, M., & Irdamurni, I. (2020). Analysis of the Needs of Parents who Have Cerebral Palsy Children Reviewed from the Family Counseling. Journal of ICSAR, 4(1), 14–17.

Nurhastuti, N., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., Iswari, M., & Irdamurni, I. (2021). Analysis of the Needs of Parents who Have Cerebral Palsy Children Reviewed from the Family Counseling. Journal of ICSAR, 4(1).

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (n.d.). (2017). Motion Development Program for Parents of Child with Cerebral Palsy ( Pengembangan Program Bina Gerak untuk Orang Tua Anak Cerebral Palsy ). 4(2), 160–164.

Probowati, A., & Saing, J. H. (2019). The Journal of Medical School Peran Fisioterapi Terhadap Kemajuan Motorik Pada Anak Dengan Cerebral Palsy. The Journal of Medical School (JMS), 52(4), 191–198.

Putri, Anisa Ika. (2008). Upaya Orang Tua Dalam Melatih Kemandirian Anak Cerebral Palsy.

Sartinah, E. P., & Ilma, N. N. (2021). Pengembangan Video Animasi Panduan 3M Untuk Guru Dalam Melatih Kemandirian Anak Cerebral Palsy. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–9.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Therik, N. (2019). Peran Orang Tua Dalam Layanan Pendidikan Anak Tunadaksa Di Slb D Ypac Bandung. Jassi Anakku, 20(2), 44–52.

Vanogasi, Dian Kadek. (2016). Konsep Gerak Dasar Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, Vol.1. 72-79


Article Metrics

 Abstract Views : 352 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.