PENGARUH MEDIA PASIR KINETIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRA MENULIS BAGI ANAK CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK(Single Subject Research Kelas III/C di SLB 1 Padang Panjang)

Apriani Wulandari(1), Mega Iswari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1202500.64

Abstract


Penelitian ini diangkat dari permasalahan yang penenliti temukan di SLB 1 Padang Panjang. Pada penelitian ini penulis mengungkapkan tentang seorang anak cerebral palsy tipe spastik dimana pada kemampuan pra menulisnya masih rendah, hal ini ditandai dengan kesulitan anak dalam menggerakkan otot-ototnya, sehingga anak mengalami kesulitan pada bidang akademik dalam kemampuan menulisnya. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pra menulis anak dengan menggunakan pasir kinetik bagi cerebral palsy tipe spastik. Metode yang digunakan single subject research (SSR) dengan desain A-B-A . Tes menggunakan tes perbuatan kemampuan pra menulis yaitu menugaskan anak membuat garis horizontal, vertikal, garis miring kekanan dan kekiri, garis lengkung ke atas, kebawah, kekanan dan kekiri, menuliskan huruf c, i, n, v, z dan menulis nama panggilan sendiri. Hasil analisis data diperoleh yaitu pada A1 dengan pengamatan selama empat hari anak dalam pra menulisnya diperoleh hasil 28%. Pada keadaan B anak diberikan tindakan dalam kemampuan pra menulisnya menggunakan media pasir kinetik dengan pelaksanaan selama tujuh hari diperoleh hasil 78%. Kemudian pada A2 dilaksanakan selama empat hari tanpa adanya perlakuan lagi menggunakan media pasir kinetik diperoleh hasil 78%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pasir kinetik dapat meningkatkan kemampuan pra menulis pada anak cerebal palsy.

 


Keywords


Kemampuan Pra Menulis, Media Pasir Kinetik, Anak Cerebral Pals

References


Dayanti, Y. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Kinetic Sand Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK Islam Bina Balita Way Halim Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Iswari, M., & Nurhastuti. (2010). Anatomi Fisiologi Dan Neorologi Dasar (Dasar-dasar Ilmu Faal dan Saraf untuk PLS). (Lufri, Ed.). Padang: UNP Press.

Kuntarto, E. (2013). Pembelajaran Calistung: Membaca, Menulis, dan Berhitung. Kota Jambi: Program Studi PGSD FKIP UNJA [Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi]. Tersedia Secara Online Juga Di: Http://Repository. Unja. Ac. Id/634/1/BUKU% 20CALISTUNG. Pdf [Diakses Di Cirebon, Jawa Barat, Indonesia: 1 Oktober 2018].

Muthiah, M., Sumardi, S., & Rahman, T. (2020). Desain Media Pasir Kinetik untuk Memfasilitasi Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 207-218.

Prahmana, R. charitas I. (2014). Single Subject Research Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar. Yogyakarta: UAD Press

Rufaida, N., & Reza, M. (2013). Penerapan bermain pasir untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A TK Yunior Surabaya. Paud Teratai, 2(1), 1–10.


Article Metrics

 Abstract Views : 192 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.