Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Brownies Kukus Chocolatos Melalui Metode Proyek bagi Anak Tunarungu Kelas XI SLB N Sungai Penuh

Istiqomah Aini(1), Fatmawati Fatmawati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Permasalahan di kelas XI Tunarungu di SLB N Sungai Penuh dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak tunarungu dalam keterampilan vokasional membuat brownies kukus chocolatos. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah proses pelaksanaan dan apakah metode proyek dapat meningkatkan keterampilan vokasional dalam pembuatan brownies kukus chocolatos untuk anak tunarungu kelas XI di SLB N Sungai Penuh. Hasil penelitian memperoleh bahwa rata-rata kemampuan awal anak yaitu AMR 35%, DM 30%, OL 33%, dan RNA 35%. pada siklus I setelah diberikan tindakan hasil yang diperoleh anak tunarungu yaitu AMR 63%, DM 60%, OL 60%, dan RNA 63%. Pelaksanaan tindakan siklus II didapatkan hasil yang diperoleh anak tunarungu yaitu AMR 93%, DM 90%, OL 90%, dan RNA 93%. Hasil analisis data, keterampilan vokasional membuat brownies kukus chocolatos bagi anak tunarungu di kelas XI SLB N Sungai Penuh dapat ditingkatkan melalui metode proyek.

Keywords


Keterampilan Vokasional; Brownies Kukus Chocolatos, Metode Proyek, Tunarungu.

References


Fatmawati, Yarmis, H., & Nurhastuti. (2018). Wirausaha Pembuatan Kue Kering untuk Meningkatkan Keterampilan Hidup Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(II), 320–323.

Harahap N H, & Fatmawati. (2020). Efektivitas Media Flipbook Berbasis Praktek Langsung Dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Puding Ubi Ungu Pada Anak Tunarungu Kelas VIII di …. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 9, 1–8.

Moeslihatoen. (2014). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta:Rineka Cipta.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zainal, A. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Article Metrics

 Abstract Views : 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.