Upaya Meningkatkan Keterampilan Tari Keta-Keta Manortor Melalui Video Tutorial Bagi Tunarungu Kelas VIII SlbN Mandailing Natal.

Asniwati Nasution(1), Irdamurni Irdamurni(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1195380.64

Abstract


Latar  belakang  penelitian  ini  adalah  terdapat dua orang siswa yang belum hapal  urutan gerak tari  dan  menari  belum  sesuai dengan music iringan tari.   Jenis     penelitian    ini   adalah    menggunakan penelitian  Tindakan kelas (classroom action research) yang  terdapat  dua siklus. Teknik  pengumpulan  data yang dilakukan  yaitu  observasi, dokumentasi dan tes praktik.   Hasil   penelitian   ini   adalah   1). Tindakan yang dilaksanakan  dalam  proses   pembelajaran   tari Keta Keta   Manortor   bagi    tunarungu   kelas   VIII Melalui  metode video tutorial. 2). Keterampilan   tari Keta-Keta Manortor meningkat melalui media   video tutorial. Kesimpulan dari penelitian ini   menunjukkan bahwa   tari    Keta-Keta  Manortor  dapat   meningkat melalui metode video tutorial.


Keywords


Video Tutorial, Tari Keta-Keta Manortot, Tunarungu

References


Juita, N., & Prof, H. (2018). MEMAHAMI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. In M. H. Dr.Hj.Novia Juita & Prof. Dr. Megaiswari. M.Pd (Eds.), Text Buku 2018 (2) irdamurni.pdf (pertama, p. 20). http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26717

Noveria, L., Pendidikan, J., Biasa, L., Pendidikan, F. I., & Padang, U. N. (2019). Meningkatkan keterampilan vokasional menghias sandal melalui media video tutorial bagi anak tunagrahita ringan kelas VIII (Penelitian

Tindakan Kelas di SLB YPPLB Padang). Repository UNP Padang, 41–47.

Rosida, H. (2008). Kemampuan menari siswa pada mata pelajaran seni budaya (seni tari mantra gila) melalui model inkuiri di kelas X SMAN 2 Bengkalis. 37–55.


Article Metrics

 Abstract Views : 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.