MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN MELALUI PERMAINAN COLOUR WHEEL

Sangkot Humairoh(1), Fatmawati Fatmawati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Penelitian ini membahas tiga siswa tunagrahita yang mengalami masalah dalam mengenal warna, yang mana anak masih kesulitan menyebutkan dan menunjukkan warna. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan membuktikan kemampuan mengenal warna melalui permainan colour wheels dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak tunagrahita. Metode penelitian ini menggunakan tindakan kelas dengan dua siklus, yang dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi, dengan menggunakan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Data  kualitatif berpedoman pada hasil observasi, tes, dan diskusi dengan kolaborasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan permainan colour wheels dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna anak tunagrahita.

Keywords


Mengenal warna, colour wheels, tunagrahita

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Menajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Atmaja, Jati

Bahari, Hamid. (2011). Seabrek Permainan Khusus Asah Otak Kanan Anak.

Yogyakarta: Flash Books.

Derara, Nadia. (2009). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Dasar Melalui

Bermain Pancing pada Anak Tunagrahita Ringan. Journal ofMultidisciplinary

Research and Development. No. 1. Vol. 4.

Fatmah. (2020). Penggunaan Permainan Lego dalam Mengembangkan

Kemampuan Sosial pada Anak. Skripsi. Banjarmasin: UIN Antasari.

Khairani, Hasnah. (2005). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna melalui Media Pasir

Berwarna bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negri Mandailing Natal. Skripsi.

Panyabungan. STAIN Mandailing Natal

Melati, Risang. (2012). Kiat Sukses Menjadi Guru PAUD yang Disukai Anak-Anak.

Yogyakarta: Araska.

Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Cet. 2.

Jakarta: Asdi Mahasatya.

Muliawan, Jasa Ungguh. (2009). Tips Jitu Memilih Mainan Positif dan Kreatifuntuk

Anak, Yogyakarta: Divapress.

Purwodarminanto, W.J.S. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: BalaiPustaka.

Sunanto, Juang Takeuchi. (2006). Pengantar Penelitian. Jakarta: UniversitasPendidikanIndonesia

Widia, (2008). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna dengan Metode

Eksperimen di Kelompok Anak. Jurnal PAUD Teratai. No. 3. Vol. 3.

Yetri, Yunita Handa. (2014). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan

Finger Painting Bagi Anak Tunagrahita Ringan. JurnalPenelitian Pendidikan Khusus. No.

Vol. 1.


Article Metrics

 Abstract Views : 121 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.