Meningkatkan Keterampilan Vokasional Pengolahan Limbah Organik menjadi Pupuk Kompos Melalui Metode Project Based Learning pada Anak Tunarungu

Indrawati Sukbarti(1), Damri Damri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1194510.64

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengukur hasil keterampilan vokasional pengomposan sampah organik melalui metode pembelajaran berbasis proyek pada anak tunarungu kelas X SLB Negeri Batubara. Penelitian ini dilaksanakan bekerja sama dengan guru keterampilan dan kegiatan dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan II, setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil belajar pada siklus I, nilai yang diperoleh AH dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat adalah 46,6%, 50%, 50% dan 53,3%. Sedangkan MR mendapat skor 50%, 46,6%, 53,3%, dan 56,6%, sedangkan DA mendapat skor 46,6%, 53,3%, 56,6%, dan 60% . Sedangkan pada siklus II, kemampuan anak mengolah sampah meningkat nilai yang diperoleh AH dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat yaitu sebesar 60%, 73,3%, 86,6% dan 93,3%. Sementara itu, MR mendapat skor 70%, 86,6%, 90%, dan 96,6%, sedangkan DA mendapat skor 73,3%, 86,6%, 93,6%, dan 96,6% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan profesional mengolah sampah organik menjadi kompos pada anak tunarungu kelas X SLB Negeri Batubara.


Keywords


Vokasional, Project Based Learning, Anak Tunarungu

References


Arikunto, Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan di Kelas . Bandung: Refika Aditama.

Asrori. (2007). Penelitian Tindakan di Kelas . Bandung: CV Wacana Prima.

Damri dan Arion. (2019). “Peningkatan Kosakata dengan Media Pop-Up Book Untuk Siswa Tunarungu Kelas I SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh.” Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus 7(1): 198–202.

Damri, Armaini dan Astuti . (2020). Penggunaan jadwal visual dalam pendidikan sains anak tunarungu. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, Volume 4, Nomor 1, 2020. https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/171 .

Damri dan Iqbal. M. (2021). Efektivitas pendekatan pembelajaran berbasis proyek dalam keterampilan membuat lipstik profesional pada siswa tunarungu di SLBN 2 Padang . https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif - Pendidikan/ artikel/ dilihat/16607/0 .


Article Metrics

 Abstract Views : 190 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.