Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Metode Syllabic Method bagi Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research kelas IV di SLBN Simalungun)

Fransiska Juita MM(1), Setia Budi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1194500.64

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yang dialami oleh anak tunagrahita ringan yang mengalami kesulitan dalam membaca suku kata, hal berdampak terhadap hasil belajar anak. Tujuan penelitian ini meningkatkan dan membuktikan metode syllabic method dapat meningkatan kemampuan membaca permulaan bagi anak tunagrahita ringan kelas IV di SLBN Simalungun. Desain yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah PTK (action research in the classroom). Data diperoleh dengan cara observasi, pengujian, dokumentasi dan pengolahan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan bekerja sama dengan guru kelas dan kegiatan tindakan berlangsung dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat pertemuan selama 60 menit sesi. Hasil kajian universitas diperoleh nilai HO yang diperoleh nilai dari pertemuan pertama sampai keempat yaitu 37,5%, 1,6%, 5,8% dan 50%. Sedangkan AW mencapai 33,3%, 37,5%, 37,5% dan 1,6%. Sedangkan pada siklus II kemampuan siswa meningkat secara signifikan, nilai HO yang diperoleh dari pertemuan pertama hingga keempat adalah 62,5%, 75%, 83,3% dan 91,6%. Sedangkan AW mencapai 58,3%, 70,8%, 79,1% dan 87,5%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari siswa, maka disimpulkan bahwa metode syllabic method bisa meningkatkan membaca awal di SLBN Simalungun dengan dibuktikan dengan nilai siswa sudah melebihi KKM kelas dan target belajar tercapai.


Keywords


Syllabic method; Membaca Permulaan; Tunagrahita Ringan

References


Arikunto, Suharsimi.(2005). Menajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Budi. S, Fatmawati, Safaruddin. (2019). Program Pelatihan Menggosok Gigi Dalam Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Siswa Tunagrahita di SLB se-Kota Padang. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus.

Budi. S, Rohayati. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Sas (Struktural Analisis Sintetik) Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus.

Damri, Fitri, E. (2013). Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan melalui Metode Drill bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus.

Damri , Megga Wati. (2019). Meningkatkan Membaca Permulaan Melalui Metode Multisensori Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_ citation&hl=id&user=M34PHXEAAAAJ&cstart=20&pagesize=80&citation_for_view=M34PHXEAAAAJ:_FxGoFyzp5QC

Hamdan, Mutmainnah. (2018). Pengaruh penggunaan metode suku kata terhadap hasil belajar keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN 177 Lo’ko kecamatan Masalle kabupaten Enrekang. Jurnal Pendidikan Faklutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Havisa, S., Solehun, S., & Putra, T. Y. (2021). Pengaruh Metode Suku Kata Mengunakan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar,

Mangunsong, Frieda. (2014). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok : LPSP3 UI.

Martinis, Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press & Center for Learning Innovation.

Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Media Grup.


Article Metrics

 Abstract Views : 259 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.