Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak Gangguan Spektrum Autisme Menggunakan Media Papan Magnet (Classroom Action Research Kelas III di SLB Negeri Padangsidempuan )

Devi Ernita Helmi(1), Rahmahtrisilvia Rahmahtrisilvia(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1194490.64

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan menulis anak gangguan spectrum autism kelas III di SLB Negeri Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang kemampuan menulis anak gangguan spectrum setelah diberikan tindakan berupa penggunaan media papan magnet; meningkatkan kemampuan menulis anak gangguan spectrum autism menggunaakn media papan magnet kelas III di SLB Negeri Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subject penelitian adalah guru yang mengajar di kelas III dan 1 orang anak dengan gangguan spectrum autism yang mengalami hambatan dalam menulis. Dalam penelitian ini ditemukan hasil bahwa terjadinya peningkatan pada kemampuan menulis anak gangguan spectrum autism setelah diberikan tindakan menggunakan media papan magnet dengan presentase kemajuan; pertemuan pertama 53%, pertemuan kedua 67%, pertemuan ketiga 80% dan pertemuan keempat 90%. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwasanya media papan magnet efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis anak gangguan spectrum autism kelas III di SLB Negeri Padangsidimpuan.


Keywords


Anak Gangguan Spektrum Autisme, Kemampuan Menulis, Media Papan Magent

References


Destiana, R. U. E. (2016). Penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Pagak 04 Kabupaten Malang. Penerapan Model Pembelajaran STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN Pagak 04 Kabupaten Malang/Rizky Ulla Eka Destiana.

Jati, S. N., Widyorini, E., & Roswita, M. Y. (2012). Efek Sensory Story Terhadap Penurunan Perilaku Temper Tantrum Pada Anak Autis dengan Kesulitan Modulasi Sensorik. Prediksi Kajian Ilmiah Psikologi, 1(2), 234–238.

Rahmahtrisilvia, R. (2010). Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Perilaku Tantrum Pada Anak Autistik. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 1–10.

Rahmahtrisilvia, R., Setiawan, R., & Sopandi, A. A. (2022). Asesmen Gaya Belajar untuk Anak Gangguan Spektrum Autisme.


Article Metrics

 Abstract Views : 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.