Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Puluhan Deret Kesamping Dengan Menggunakan Media Sempoa bagi Anak Tunarungu Di Kelas IV SLB Negeri Batu Bara

Eni Sitorus(1), Rahmahtrisilvia Rahmahtrisilvia(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1194480.64

Abstract


Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh suatu kondisi  yang terjadi  padai  dua  orang  anak  Tunarungu  kelas  IV  di  SLB  Negeri  Batu Bara  Medan  yang  memiliki  hambatan  pada  kemampuan  penjumlahan  deret  kesamping.  Hal ini  dibuktikan  dengan hasil  belajar  anak  yang  masih  belum dapati  mencapai  KKM.  Pada  penelitian  ini, peneliti  bermaksud  memberikan tindakan  berupa  penggunaan  media  sempoa  untuk  dapat meningkatkan  kemampuan penjumlahani  deret  kesamping  padai  anak  Tunarungu. Pelaksanaan tindakan  dilakukan  sebanyak  dua  siklusi  yang  mana masing-masing  siklus  terdiri  dari  empat  pertemuan. Adapun hasil  dari  setiap  pertemuan  dalam masing-masing siklus  padai  masing-masing  anak  berbeda.  Hasil  yang diperoleh  oleh  siswa  As  pada  siklus  I  pertemuan pertama adalah sebesar 50%, pertemuan kedua 60% pertemuan ketiga  80% dan  pertemuan  keempat  80%. Sedangkan  pada  anak  DS  pada  pertemuan  pertama  adalah  20% kedua  30%  ketiga  30%  dan keempat  50%.  Setelah  tindakan  siklus  I  selesai  dan  DS  masih belum  mampu  mencapai  KKM,  maka  dilaksanakan  tindakan  pada  siklus  II  dengan hasil  masing-masing anak pada  siklus  I  adalah  siswa  AS  pada  pertemuan  pertama  90%, pertemuan  kedua  90% pertemuan  ketiga  90% dan  pertemuan  keempat  100% sedangkan pada  siswa  DS  pada  pertemuan  pertama  adalah  60% pertemuan  keduai  60% ketiga  80%  dan  keempat  80%.  Berdasarkan  hasil  penelitian  tersebut,  maka  dapat disimpulkan bahwa  media  sempoa  efektif  dalam meningkatkan  kemampuan penjumlahan puluhan  deret  kesamping  pada anak Tunarungu  kelas  IV  di  SLB Negeri  Batu  Bara.


Keywords


Media Sempoa, Penjumlahan Puluhan, Tunarungu

References


Pujiwati, S. (2012). Pemahaman, Meningkatkan Benda, Kosakata Melalui, Tunarungu Maternal, Metode Di, Reflektif. E-JUPEKhu (JURNAL), 1, 142–151.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Widia, Y. A. (2013). Pemerolehan kosakata anak tunarungu berdasarkan kelas kata bahasa indonesia di SDLB Karya Mulia II surabaya: kajian psikolinguistik. Skriptorium, 1(2), 129–142.


Article Metrics

 Abstract Views : 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.