Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media flip chart Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research Kelas III DI SLB Negeri Pinangsori)

Meilani Pasaribu(1), Setia Budi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1194410.64

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh anak tunagrahita ringan yang tidak mengenal huruf vokal dan tidak bisa membaca suku kata. Adapun tujuan penelitian ini agar anak tunagrahita ringan bias membaca menggunakan flipchart kelas III SLB Negeri Pinangsori. Desain penelitian yang penulis gunakan berbentuk PTK. Data dikumpulkan melalui pengamatan terhadap pelaksanaan, dokumentasi kegiatan, kemudian diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian, nilai didapat AS pertemuan satu sampai empat: 40%, 40%, 45%, dan 55%. Sedangkan DW memperoleh nilai 35%, 35%, 40%, dan 50%, sementara IB memperoleh nilai 45%, 45%, 50% dan 60%. Sedangkan pada siklus II kemampuan siswa meningkat secara signifikan, nilai yang didapat AS pertemuan satu sampai empat yaitu 60%, 70%, 80%, dan 90%. Sedangkan DW memperoleh nilai 65%, 70%, 80%, dan 95%, sementara IB memperoleh nilai 70%, 75%, 85% dan 100%. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis menyimpulkan bahwa kemamapuan membaca anak tunagrahita ringanbisa ditingkatkan menggunakan media flipchart.


Keywords


Media Flip Chart; Membaca Permulaan; Tunagrahita Ringan

References


Ardisal, dan Asmadi. (2013). Meningkatkan Keterampilan Membuat Rak Dari Kardus Pada Anak Tunagrahita Ringan.http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/ article/view/2124/1788.

Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Bandung: IKAPI

Kusumasari, Bernavita Karina. (2018). Penggunaan media flip chart untuk meningkatkan kompetensi praktik sulam pita pada siswa tunagrahita ringan di slb ganda daya ananda yogyakarta. Skripsi-Jurnal-Program Studi Pendidikan Teknik Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Muammar. (2020). Membaca permulaan di Sekolah Dasar. Sanabil, Mataram. ISBN 978-623-7881-89-. http://repository.uinmataram.ac.id/ id/eprint/406

Ningsih, Rahayuni. 2015. Pengembangan Media Flipchart Pada Pembelajaran Menjahit Rok Lipit Hadap Bagi Siswa Tunagrahita Kelas XI di SMALBN PEMBINA YOGYAKARTA. Skripsi/Jurnal Ilmiah. Program Studi Pendidikan Teknik Busana Fakultas Teknik. https://text-id.123dok.com/document/ 9ynnwr1ly-kelebihan-dan-kekurangan-media-flipchart.html.

Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Media Grup.

S. Budi, Fatmawati, Safaruddin. 2019. Program Pelatihan Menggosok Gigi Dalam Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Siswa Tunagrahita di SLB se-Kota Padang. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus.

S. Budi, Rohayati. 2022. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Sas (Struktural Analisis Sintetik) Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus.


Article Metrics

 Abstract Views : 321 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.