Meningkatkan Kemampuan Memasang Baju Berkancing Melalui Analisis Tugas Bagi Anak Tunagrahita Sedang (Classroom Action Research Kelas III di SLB Negeri Padangsidempuan )

Siti Arsih Rukmana Siregar(1), Kasiyati Kasiyati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan suatu fenomena pada SLB Negeri Padang Sidempuan, dimana di SLB tersebut terdapat anak tunagrahita sedang yang masih belum mampu melaksanakan salah satu program bina diri untuk anak Tunagrahita sedang, yaitu memakai baju berkancing. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh anak selama pembelajaran bina diri memasang baju berkancing masih belum mencapai nilai yang diharapkan. Adapun solusi yang akan diberikan pada kasus ini yaitu pemberian tindakan berbentuk analisis tugas kepada anak, oleh karena itu penelitian ini digolongkan sebagai penelitian tindakan kelas. Anak yang menjadi subjek penelitian pada penelitian kali ini adalah anak Tunagrahita sedang yang duduk di kelas III SD yang berinisial LM dan YA. Tindakan akan diberikan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Adapun hasil dari setiap siklus pada masing-masing anak secara berturut-turut adalah, siswa LM mendapatkan poin pada pertemuan pertama siklus I sebesar 25% kedua 29% ketiga 38% dan keempat sebesar 63%. Sedangkan pada siklus ke II siswa LM mendapatkan nilai sebesar 67% kedua 79%, ketiga 83% dan keempat 92%. Untuk hasil yang diperoleh siswa YA pada pertemuan pertama siklus I adalah 33% kedua 38% ketiga 50% dan keempat 79% sedangkan pada pertemuan siklus II siswa YA adalah 83%, 88%, 92% dan 96%.


Keywords


analisis tugas, baju berkancing, Tunagrahita sedang

References


Ardiyanto, S. (2014). Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Melalui Analisis Tugas pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas 1 di SLB Limas Padang. E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 3(April), 17–37.

Ratnengsih, E. (2017). Implementasi Program Volasional Bagi Anak Tunagrahita. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175


Article Metrics

 Abstract Views : 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.