Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kotak Kartu Misteri bagi Anak Tunagrahita Ringan

Julianawani Dasopang(1), Damri Damri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Artikel ini memuat observasi masalah pada anak tunagrahita ringan, dan ketidakmampuan anak membaca. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan membuktikan apakah media  misteri card box dapat meningkatkan kemampuan membaca kata pada anak tunagrahita ringan merupakan studi perilaku.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, pengujian dan dokumentasi serta diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan berdasarkan alat survei dan  observasi yang diisi oleh peneliti dan guru serta diolah dengan metode persentase. Pada survey siklus 1 nilai yang didapat dari JT 1 sampai 4 adalah 35%, 40%, 50%, dan 55%. Skor YT adalah 40%, 40%, 45%,  50%, sedangkan skor SN adalah 45%, 50%, 55%, 60%. Pada siklus II keterampilan siswa meningkat, namun JT mencapai skor 60%, 75%, 80%, dan 95% dari pertemuan pertama hingga keempat. Skor YT adalah 65%, 70%, 85% dan 90%, sedangkan skor SN adalah 70%, 80%, 95% dan 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media  kartu misteri dapat meningkatkan kemampuan membaca awal pada anak  kelas III psikosis ringan dari SDLBN 117709 Labuhanbatu.


Keywords


Kotak Kartu Misteri, Membaca Permulaan, unagrahita Ringan

References


Damri, Sri, Ramaini . (2020) Efektivitas Model Pembelajaran Direct Instruction dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Box File bagi Anak Tunagrahita Ringan. Journal of Basic Education Studies, 4 (1). pp. 1247-1252. ISSN 2656-6702

Desiningrum, Noviana. (2014). Pengembangan MetodePembelajaran. Bandung: Alfabeta

Rusminiati, Halidjah, S., & Tahmid Sabri. (2018). Peningkatan keterampilan membaca permulaan menggunakan media kubus suku kata siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3), 1–11.

Wina Sanjaya. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana


Article Metrics

 Abstract Views : 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.