Meningkatkan Kemampuan Operasi Penjumlahan Maksimal 20 Menggunakan Media Balok Cuisenaire Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research di Kelas VI SLB Kumala Indah)

Sapar Harian Soleh Sapar(1), Damri Damri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Artikel ini membahas mengenai media balok Cuisenaire dalam meningkatkan kemampuan operasi penjumlahan maksimal 20 bagi anak Tunagrahita Ringan di kelas VI SLB Kumala Indah.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Penelitian dilaksanakan bekerjasama dengan guru kelas sebagai pelaksana tindakan dan peneliti sebagai pengamat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak di setiap siklusnya meningkat. Nilai yang diperoleh RSS pada tindakan siklus I yaitu 70%, dan pada siklus II memperoleh nilai 95%. Sementara CM memperoleh nilai 60% pada siklus I dan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 85%, dan selanjutnya RL pada siklus I memperoleh nilai sebanyak 65% dan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 90%. Berdasarkan hasil pada siklus II, ketiga anak sudah mencapai nilai KKM yang ditentukan yaitu sebesar 60, maka disimpulkan bahwa media balok Cuisenaire dapat meningkatkan kemampuan operasi penjumlahan maksimal 20.

Keywords


Tunagrahita Ringan, Operasi Penjumlahan, Media Balok Cuisenaire

References


Ananda, Y., & Damri, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Tangga Pintar Bagi Anak Kesulitan Belajar Berhitung Kelas IV di SDN 06 Batang Anai. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1138–1146. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.561

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2014). Edisi Revisi Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Rajagrafindo Persada.

Damri. (2019a). Pelaksanaan Pembelajaran Inklusi Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Padang. Pendidikan. file:///H:/jurnal Damri/Damri_2019_19.pdf

Damri, D. (2019b). Panduan Pembelajaran Inklusi di Sekolah Menegah Pertama (Cetakan 1). Penerbit CV IRDH.

Damri, D. (2021). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajran di Sekolah yang Beragam Peserta Didik (1st ed.). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Eliyawati, C. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar. Direktorat Pembinaan Pendidikan.

Garnida, D. (2016). Modul guru pembelajar SLB Tunagrahita. In Pppptk Tk Dan Plb Bandung.

Hasnida, H. (2015). Media Pembelajaran Kreatif. PT Luxima Metro Media.

Iskandar, I. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Gaung Persada (GP) Press.

Karso, D., & Muhsetyo, G. (2014). Pendidikan matematika I. Universitas Terbuka.

Legiman, L. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). LPMP Yogyakarta.

Miaz, Y. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dan Dosen. In Penelitian tindakan kelas bagi guru dan dosen. http://repository.unp.ac.id/71/

Mulyono, A. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.

Mumpuniarti, M. (2000). Penanganan Anak Tunagrahita (Kajian Dari Segi Pendidikan Sosial Psikologi Dan Tindak Lanjut Usia Dewasa). UNY.

Munzayanah, M. (2000). Tunagrahita. Depdikbud UNS.

Novita, Y. (2014). Relasi karakteristik anak tunagrahita dengan pola tata ruang belajar di sekolah luar biasa. E-Journal Graduate Unpar.

Nuralam, N. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Balok Cuisenaire Terhadap Kemampuan Berhitung Penjumlahan Anak Tunagrahita Ringan Kelas III Di SLB YPBB Bunga Biraeng Kabupaten Gowa. In Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan.

Pasiakan, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Operasi Pengurangan Melalui Penggunaan Media Balok Cuisenaire Pada Anak Tunagrahita Kelas III Di SLB Negeri 1 Gowa. Universitas Negeri Makassar.

Patrizal, I., & Damri, D. (2013). Meningkatkan kemampuan mengenal konsep angka melalui media kotak angka bagi anak berkesulitan belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus.

Pratiwi, Y., & Damri, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Gambar bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas III di SD Negeri 33 Kalumbuk. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7, 30–35. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/106018

Saminanto, S. (2010). Ayo Praktik PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Rasail.

Sudjana, N. (2014). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Sundayana, R. (2013). Media pembelajaran matematika. Alfabeta.

Syafaruddin, M. P. (2012). Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Perdana Publishing. (M. S. Drs. Asrul Daulay (ed.); Cetakan Pe). Perdana Publishing.


Article Metrics

 Abstract Views : 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.