Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Al Qur’an bagi Anak Tunagrahita Ringan Melalui Metode Bil Hikmah

Syahputra Nasution(1), Asep Ahmad Sopandi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1193890.64

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai peningkatan kemampuan membaca huruf Al-Quran melalui metode Bil Hikmah pada anak tunagrahita ringan di kelas VII C di SLB Negeri Batubara. Penelititan ini didasari permasalahan anak tunagrahita ringan yang belum terampil dalam membaca huruf Al-Quran. Kelas ini terdapat tiga orang anak tunagrahita ringan yang berinisial MRF, ZM dan K dengan karakteristik yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah metode Bil Hikmah efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf Al-Quran anak tunagrahita ringan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian akan dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan cara berkolaborasi dengan guru. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 silklus. Setiap siklus dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian dideskripsikan dalam bentuk narasi dan grafik dari proses hingga hasil peningkatan pada siklus II. Pada siklus pertama anak memperoleh hasil MRF dan ZM 65% dan K 60% serta hasil pada siklus kedua MRF, ZM dan K 85%. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode Bil Hikmah efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf AL-Quran bagi anak tunagrahita ringan

Keywords


Al-Quran, Metode Bil Hikmah, Tunagrahita Ringan

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ely, Asep, Mega. (2013). “MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT PALAI RINUAK MELALUI METODE LATIHAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN.” Ilmiah Pendidikan Khusus 2.

Halimi, Agus, and Fitroh Hayati. n.d. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur ’ an P Ada Siswa Kelas X Dengan Metode Bil-Hikmah ( Penelitian Tindakan Kelas Di SMK UT PGII Bandung ) Increasing the Ability of Reading Al-Qur ’ an to Student of Class X with Method of Bil- Tujuan Penelitian Metode .” (2):157–63.

Irdamurni, Rabah. (2017). “Video Tutorial Untuk Meningkatkan Keterampilan Memasang Kampas Rem Bagi Anak Tunagrahita Ringan.” Pendidikan Kebutuhan Khusus.

Kemis, Rosnawati. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Bandung: PT. Luxima Metro Media.

Moloeng, Lexi. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rasdakarya.

Nurul Zuriah. (2003). Penelitian Tindakan (Action Research) Dalam Bidang Pendidikan Dan Sosial. Malang: Bayumedia Publishing.

Nurzaman, Indriani. (2014). “Efektivitas Penggunaan Metode Bil Hikmah Terhadap Tingkat Kemampuan Membaca Al-Qurān Anak Usia Dini.” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 1(1):33. doi: 10.17509/t.v1i1.3759.

Somantri. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Zainal, Aqib. (2010). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendiki


Article Metrics

 Abstract Views : 195 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.