Profil Atlit NPC (National Paralympick Committee) Berprestasi pada Cabang Olahraga Atletik Tingkat Nasional
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi penulis menglihat seorang siswi tunadaksa dan juga atlit NPC yang memiliki prestasi gemilang dibidang olahraga terutama pada cabang atletik. Siswi ini merupakan salah satu siswa di SLB Negeri Muara Bulian. Keterbatasan yang dimiliki tidak menghabatnya dalam meraih prestasi, hal itu telah dibuktikan dengan beberapa prestasi yang telah diraihnya, mulai dari tingkat provinsi dan tingkat nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan prestasi yang diraih atlit dalam olahraga cabang atletik, peran pelatih dalam mengembangan prestasi atlit, peran orang tua dalam mengembangan prestasi atlit, bentuk sarana dan prasarana serta pendampingan bagi atlit. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian Atlit NPC. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan study dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dan pelatih sangat mempengaruhi dalam meningkatkan prestasi siwi di bidang Olahraga Atletik
Keywords
Siswi Tunadaksa, Prestasi, Olahraga Atletik.
References
Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.
Bungin, B. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Kencana Prenada Media Group.
Geniofam, G. (2010). Mengasah & Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus. Garailmu.
Kustawan, D., & Meimulyani, Y. (2015). Mengenal Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus Serta Implementasinya. PT. Luxima Metro Media.
Yin, R. K. (2012). Studi Kasus Desain dan Metode. Sage.
Sudjana, N., & Ibrahim, I. (2001). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. UIN Mataram.
Moleong, L. J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Article Metrics
Abstract Views : 96 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.