Implementasi Metode Multisensori Dalam Kemampuan Pengucapan Huruf Vokal Pada Anak Tunarungu (PTK Kelas II Di SLB N 097707 Perumnas Batu VI)

Erni Sartika Marpaung(1), Johandri Taufan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1193850.64

Abstract


Riset ini dilatarbelakangi oleh kasus yang dialami peserta didik dalam daya melisankan bunyi vokal, serta peserta didik tuli kerap salah melafalkan ataupun melafalkan bunyi. Tipe riset terapan merupakan riset sikap kategori. Informasi digabungkan lewat pemantauan, uji, pemilihan, serta diolah dengan cara kualitatif serta kuantitatif. Survey dicoba berkolaborasi dengan orang tua kategori serta aktivitas dicoba dalam 2 daur. Setiap siklus terdiri dari empat sesi 60 menit. 3%, 46,6%, 50%, 56,6%; Skor AM adalah 40%, 43,3%, 46,6%, 50%. Meskipun keterampilan siswa meningkat secara signifikan pada siklus II, hasil yang dicapai IA dari pertemuan I sampai dengan 4 adalah 66,6%, 80%, 90%, dan 96,6%. Di sisi lain, AM adalah 63,3%, 76,6%, 86,6%, 93,3%. Berdasarkan hasil yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa metode multisensori dapat meningkatkan kemampuan melafalkan huruf vokal pada anak tunarungu kelas II SLB N 097707 Perumnas Batu VI.

 


Keywords


Multisensori, Huruf Vokal, Tunarungu

References


Endang Mulyatiningsih. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Riadi, Muchlisin. (2020). Tunarungu (Pengertian, Jenis, Penyebab, Karakteristik dan Proses Komunikasi). Diakses pada 12/6/2022, dari https://www. kajianpustaka. com/2020/07/ tunarungu.html

Utami, Sri, SD. (2015). Pengaruh Metode Multisensori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kelas Awal Sekolah Dasar. Vol 2 No 1 https://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php /modeling/article/view/43

Suharso & Ana Retnoningsih. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Lux. Semarang: Widya Karya

Winarsih, Murni. (2007). Intervensi Dini Bagi Anak Tunarungu dalam Pemerolehan Bahasa. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Direktorat Ketenagaan


Article Metrics

 Abstract Views : 161 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.