Peningkatan Keterampilan Membuat Dimsum Udang Melalui Metode Demonstrasi Terbimbing Pada Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research, di Kelas VIII di SLB Negeri Deli Serdang, Sumatera Utara).

Isnaini Sulmi(1), Kasiyati Kasiyati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Penelitian ini membahas dua peserta didik yang mengalami masalah dalam keterampilan membuat dimsum udang. Hasil pengamatan menunjukan bahwa siswa memiliki minat dan bakat yang baik dalam membuat dimsum udang. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membuat dimsum udang melalui metode demonstrasi terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam beberapa tahapan  yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian memunjukaan pembelajaran ketrampilan membuat dimsum udang untuk anak tunagrahita ringan kelas VII dilakukan melalui demonstrasi terbimbing Hasi penelitian pada siklus I mengalami peningkatan. Pada pertemuan pertama sampai pertemuan keempat NH mendapat skor 50 %, 55%, 65% sedangkan AD mendapatkan nilai 60%, 65%, 75% Pada siklus II NH mendapatkan skor 75 %, 85% dan 90 %, sedangkan AD 80%, 90% dan 95%. Kesimpulannya adalah bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan membuat dimsum udang dapat meningkat melalui metode demonstrasi terbimbing.

 


Keywords


Tunagrahita Ringan, Keterampilan, Demonstrasi Terbimbing.

References


Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Damayanti, R., & Kasiyati. (2019). Meningkatkan Kemampuan Memotong Kuku Melalui Teknik Shaping bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(1), 178–182. ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu%0D

Fajria, R. (2013). Meningkatkan Keterampilan Membuat Bunga Dari Kantong Plastik Melalui Metode Demonstrasi Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research Kelas IX SMPLB YPPC Painan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 240–249. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu

Hartaty, Y. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Tata Boga Materi Pembuatan Brownis Pisang Melalui Model Pembelajaran Eksplicit Instruction. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 2(1), 163–180. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/ji.v2i1.97

Herliana, N. (2017). Meningkatkan Keterampilan Membuat Nasi Goreng Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas D VIII di SLB Work Shop Padang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP-UNP. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 5(2).

Isma, M. L. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Di Slb Untuk Anak. 18003145. https://osf.io/ag2qf

Mashlahah, I. (2018). Studi proses penerimaan orang tua terhadap anak tuna grahita dan low vision di Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Mastiani, E., Trisnamansya, S., Wasliman, I., & Hanafiah, H. (2021). Manajemen Pembelajaran Keterampilan sebagai Persiapan Pekerjaan Anak Tunagrahita Ringan Jenjang SMALB. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(1), 56–65. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i1.570

Meilina, F., Sitanggang, D., & Surahman, F. (2021). Peningkatan Keterampilan Tata Boga Melalui Media Video Pada Anak Tunagrahita Ringan Di Kelas Vii Smplb Anak Briliant Batam Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal JUDIKHU, 1(01), 40–46.

Nisa, S. D. (2021). Meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode demontrasi terbimbing pada Pendidikan agama Islam SDN Barunai Baru. 1(1), 326–335. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/article/view/237

Nonik, N. N., Raga, I. G., & Murda, I. N. (2013). Penerapan Metode Demonstrasi dengan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di PAUD Widya Dharma Bondalem Tejakula. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1), 2. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/1472

Purba, P. B., Mawati, A. T., Juliana, J., Kuswandi, S., Hulu, I. L., Sitopu, J. W., Pasaribu, A. N., Yuniwati, I., & Masrul, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Kita Menulis.

Putra, M., & Kasiyati, K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Merawat Diri Dalam Keterampilan Menggosok Gigi Dengan Menggunakan Model Direct Instruction Pada Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1), 235–242.

Rahmadani, E., & Taufan, J. (2021). Meningkatkan Keterampilan Membuat Kotak Mahar Melalui Analisis Tugas bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri 1 Lubuk Basung. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 9, 33–40. ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu

Sadewa, A. A. (2015). Metode Pembelajaran Demonstrasi Untukmeningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Musik Ansambel Pada Siswa Kelas Vii H Di Smp Negeri 27 Semarang. In Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Wiranty, W. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca Puisi. Jurnal Edukasi, 15(2), 284–294. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.638


Article Metrics

 Abstract Views : 213 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.