Penggunaan Media Video Tutorial Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Layang-layang Pada Anak Tunagrahita Ringan Di kelas VIII SLB Negeri Muara Bungo

Lidia Lidia(1), Grahita Kusumastuti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Penelitian ini meneliti bcara meningktakan keterampilan keterampilan memuat suatu keterampilan yaitu layang-layng untuk siswa tunagrahita ringan dengan media yang ditentukan yaitu media video tutorial. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian PTK, yang bertempat di SLB Negeri Muara Bungo. permasalahan penelitian didasarkan latar belakang keterampilan layang-layang sudah pernah diterapkan, namun masih ada siswa yang memiliki nilai di bawah KKM, dikarenakan siswa belum bisah dalam keterampilam layang-layang, maka peneliti akan melaksanakan penelitian dengan dua siklus setiap siklus dilakukan empat pertemuan. Di setiap siklus ada perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan tes perbuatan. Hasil penelitian yang didapatkan membuktikan bahwa media video tutorial dapat meningkatkan keterampilan membuat layang-layang.

Keywords


Video Tutorial, keterampilan layang-layang, Tunagrahita Ringan

References


Amelia Ahmadini (2015). Tema 5 Perubahan Energi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Apriyanto, N. (2012). Seluk-Beluk Tunagrahita & Strategi Pembelajaran. Javalitera

Pertama, D. (2019). Panduan Pembelajaran Inklusi Di Sekolah Menengah Pertama. CV. IRDH.

Rochyadi, E. (2012). Karakteristik dan Pendidikan Anak Tunagrahita.

Smart, A. (2010). Anak Cacat Bukan Kiamat Metode Pembelajaran & Terapi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Kata Hati


Article Metrics

 Abstract Views : 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.