Peningkatan Keterampilan Membuat Hiasan Dinding dari Kain Perca melalui Multimetode bagi Anak Tunagrahita Ringan

Prisca Aprilini(1), Nurhastuti Nurhastuti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Penelitian ini akan membahas tentang bagaimana cara meningkatkan keterampilan membuat hiasan dinding dari kain perca bagi peserta didik tunagrahita ringan melalui metode multimetode. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas VII SLB N Merangin yang telah mengetahui cara pembuatan hiasan dinding yang paling umum dari kain perca, namun ada siswa yang memiliki nilai di bawah standar pemenuhan dasar atau kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, analisis dan refleksi. Adapun hasil yang dapat diperoleh siswa dengan menggunakan dua siklus, khususnya AF pada siklus pertama adalah 50% dan pada siklus kedua skornya adalah 83%. Siswa JA mendapat skor 54% pada siklus pertama dan 85% pada siklus berikutnya. Selanjutnya untuk siswa IA memperoleh nilai pada siklus primer sebesar 60% dan pada siklus selanjutnya sebesar 87%. Berdasarkan informasi tersebut, akhir keahlian membuat permadani dari jalinan telah berkembang sama sekali melalui teknik multimetode.

Keywords


Multimetode; Kain Perca; Tunagrahita Ringan

References


Awalia, Hikmah Risqi. (2016). Studi Deskriptif Kemampuan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Ringan di SLB Siti Hajar Buduran. Jurnal Pendidikan Khusus,9(1).

Djamarah, Syaiful Bahri, & Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatmawati, R. &. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1 (1).

Neldinda, Shinta. Irdamurni. (2020). Meningkatkan Keterampilan Mencuci Pakaian Melalui Multi Metode Pada Anak Tunagrahita Mampu Latih. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 8(2).

Sudjana, Nana. (2010). Penelitian Hasil proses Belajar Mengajar.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tumangger, Mastayani. Nurhastuti. (2021). Peningkatan Keterampilan Membuat Hiasan Cangkang Kerang Melalui Model Discovery Learning Untuk Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 9(2).


Article Metrics

 Abstract Views : 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.