Upaya Meningkatkan Kosakata Pada Anak Autis Kelas III Menggunakan Metode Descrete Trial Training (DTT) di SLB Negeri Merangin

Puji Lestari(1), Arisul Mahdi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1193240.64

Abstract


Penelitian ini menjelaskan tentang penggunaan metode Descrete Trial Training (DTT) pada proses peningkatan kosakata bagi anak autis kelas III. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas III SLB Negeri Merangin. Masalah yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini adalah kurangnya kemampuan anak autis untuk menyebutkan kosakata yang ada disekitarnya seperti nama teman sekelas serta benda yang ada di lingkungan sekolah.  Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, dokumentasi, serta tes perbuatan. Perolehan hasil pada siklus I yaitu A mendapatkan hasil  nilai40% dan R mendapatkan hasil sebesar 50%. Sedangkan pada siklus kedua A mendapatkan hasil 80% sedangkan R mengalami peningkatan hingga 90%. Sesuai dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan kosakata pada anak autis kelas III menggunakan metode Descrete Trial Training (DTT) mengalami peningkatan yang signifikan.

Keywords


kosakata; Metode Descrete Trial Training; autis

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Biran, I. M., & Nurhastuti. (2018). Pendidikan Anak Autisme. Goresan Pena.

Handojo. (2009). Autisme Pada Anak. PT Bhuana Ilmu Populer.

Psikologi, J., Pendidikan, F. I., Psikologi, J., & Pendidikan, F. I. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI ORANGTUA PADA ANAK AUTIS Candra Ratna Sari Diana Rahmasari. 171–179.

Sulistiyaningsih, M. P. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Discerete Trial Training untuk Siswa Penyandang Autisme. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 5(1), 49–56.

Sunu, C. (2012). Panduan Memecahkan Masalah Autisme Unlocking Autisme. Lintang Terbit.

Sutinah. (2017). Terapi bermain berpengaruh terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak autis 1. Riset Informasi Kesehatan, 6(1), 1–11.


Article Metrics

 Abstract Views : 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.