Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Menggunakan Media Pembelajaran Balok Garis Bilangan Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas III

Risnauli Nasution(1), Johandri Taufan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1193140.64

Abstract


Kemampuan melakukan penjumlahan merupakan hal yang sangat penting dalam menjalani kehidupan. Media balok garis bilangan merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan pada anak tunagrahita kelas III di SDLBN 107708 Lubuk Pakam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan penjumlahan pada anak tunagrahita ringan menggunakan media pembelajaran balok bilangan. Seluruh kegiatan penelitian tergabung ke dalam beberapa proses yaitu perencanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan pada anak tunagrahita ringan kelas III sebanyak 2 orang siswa dengan inisial A dan Z. Penelitian terbagi kedalam 2 siklus yang pada tiap siklus terdapat empat tahapan dan 3 kali pertemuan di setiap siklusnya. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan kemampuan penjumlahan. Pada kondisi awal A 20% dan Z 10%. Pada siklus I terjadi peningkatan A 50% dan Z 40%, dan pada siklus II A memperoleh 100% dan Z memperoleh 90%.

Keywords


Tunagrahita; balok garis bilangan; penjumlahan

References


As, J. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Media Penggaris Bagi Anak Tunagrahita Ringan. E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 1(1), 11–21.

Ekojono, Irawati, D. A., Affandi, L., & Rahmanto, A. N. (2017). Penerapan Algoritma Fisher-Yates Pada Pengacakan Soal Game Aritmatika. Prosiding SENTIA 2017 – Politeknik Negeri Malang, 9, 101–106.

Eldawita, E., & Kasiyati, K. (2021). Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan Bagi Tunagrahita Ringan di SLB Al-Azhar Bukittinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 9(1), 54-59.

Fitria, Y., & Martias, Z. (2021). Media Tas Bilangan Anak Tunagrahita Ringan di SLB Al Islaah Padang Meningkatka Kemampuan Menambah. Ranah Research, 13–20.

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsyarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran (Cetakan 1). Yayasan Kita Menulis.

Marliana, R. S., Prabamurti, P. N., & Handayani, N. (2021). Stres Pengasuhan Ibu dengan Anak Tunagrahita di SLB Negeri Semarang Selama Pandemi COVID-19. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 20.

Miaz, Y. (2015). Penelitian tindakan kelas bagi guru dan dosen. In Penelitian tindakan kelas bagi guru dan dosen. http://repository.unp.ac.id/71/

Muhsetyo, G. (2009). Pembelajaran Matematika SD (1st ed.). Universitas Terbuka.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Rahmadani, E., & Taufan, J. (2021). Meningkatkan Keterampilan Membuat Kotak Mahar Melalui Analisis Tugas bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri 1 Lubuk Basung. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 9(2), 33-40.

Wulandari, C. (2013). Pembelajaran berhitung penjumlahan dengan jarimatika. Jurnal Didaktik Matematika, 8(1), 1–11.

Yasmin, N. S., & Iswari, M. (2020). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Bunga Mawar dari Sabun melalui Pendekatan Keterampilan Proses bagi Anak Tunagrahita Ringan. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), 150-155.


Article Metrics

 Abstract Views : 159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.