Meningkatkan Keterampilan Vokasional Batik Ikat Celup dengan Strategi Joyful Learning Pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri Merangin

Dwi Hervina Maharani(1), Armaini Armaini(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Pada anak tunagrahita ringan di SLB Negeri Merangin diajarkan batik ikat celup, hal ini karena pengerjaannya membutuhkan alat dan bahan yang lebih sederhana dari batik tulis sehingga lebih mudah untuk dipelajari oleh anak tunagrahita ringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses belajar mengajar keterampilan vokasional membuat batik ikat celup dengan menggunakan strategi Joyful Learning pada anak tunagrahita ringan kelas XI di SLB Negeri Merangin. Penelitian ini termasuk pada kategori Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian yang akan dilakukan pada tanggal 8-22 Juni 2022. Pada siklus I siswa sudah mendapatkan tindakan dari guru dengan strategi Joyful Learning. Terlihat skor yang meningkat dibandingkan sebelum diberikan tindakan yaitu dengan hasil skor Siswa AZ dari pertemuan pertama hingga pertemuan ke empat mendapatkan nilai 50%, 55%, 60%, 65%. DA dari pertemuan pertama hingga pertemuan ke empat mendapatkan nilai 45%, 50%, 55%, 60%. Siswa AK dari pertemuan pertama hingga pertemuan keempat mendapatkan nilai 40%, 40%, 45%, 50%. Pada siklus II mengalami siswa peningkatan dan mendapatkan skor Siswa AZ mendapat nilai 70%, 75%, 80%, 85%. Siswa DA mendapat nilai 65%, 70%, 75%, 80%. Siswa AK mendapat nilai 55%, 60%, 65%, 70%.

Keywords


batik ikat celup; tunagrahita ringan; strategi Joyful Learning; keterampilan vokasional

References


Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Azzahra, F., & Hasan, Y. (2018). Meningkatkan Keterampilan membuat Piring Anyaman Lidi melalui Strategi Joyful Learning bagi Anak Tunagrahita Ringan. E-JUPEKhu, 6(1), 200–205.

Farhana, H., Awilia, & Muttaqien, N. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Harapan Cerdas.

Febriantyastuti, F. (2018). Pembelajaran Batik Ikat Celup di SLB Autis Citra Mulia Mandiri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hasyim, H. (2010). Tie Dye: Kain Etnik dengan Teknik Ikat Celup Serta Ragam Kreasi Motif yang Inspiratif. (M. Dina, Ed.), Tiara Aksa. Surabaya: Tiara Aksa.

Irdamurni. (2018). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. (N. Juita & M. Iswari, Eds.) (I). Kuningan: Goresan Pena.

Pangestika, R. R. (2016). Pengaruh Pendekatan Joyful Learning Pada Pembelajaran Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Universitas Negeri Semarang.

Putri, S. R. (2019). Efektivitas Penerapan Strategi Joyfull Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Murid Kelas III SD Inpres Mangga Tiga Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Setiawati, P. (2005). Kupas Tuntas Teknik Proses Membatik: Dilengkapi Teknik Menyablon. Yogyakarta: Absolut.


Article Metrics

 Abstract Views : 102 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.