Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Menanam Sayur Hidroponik Water Culture bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas X di SLBN Muara Bulian
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1192420.64
Abstract
Keywords
References
Alviani, P. (2015). Bertanam Hidroponik Untuk Pemula. Bibit Publisher.
https://books.google.co.id/books
?hl=id&lr=&id=jc2MDgAAQB AJ&oi=fnd&pg=PA71&dq=pen gertian+hidroponik+&ots=frr5A juuTT&sig=l54AZkr6F1l- 3sKhlXrInon7p8c&redir_esc=y #v=onepage&q=pengertian hidroponik&f=false.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Daryanto, D. (2014). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Gava Media.
Herawati, A., Tjasmini, M., & Heryati, E. (2013). Penggunaan Metode Contextual Teaching Learning pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bagian Tumbuhan pada Anak Tunagrahita Ringan di Kelas V. Jassi Anakku.
Hunaepi, Samsuri, T., & Afrilyana M. (2014). Model Pembelajaran Langsung Teori dan Praktik. Duta Pustaka Ilmu.
Irdamurni, & Nofresna, M. (2021). Meningkatkan Keterampilan Membuat Serbet Gantung Melalui Video Tutorial Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Pendidikan Luar Biasa, 5, 739–744.
file:///C:/Users/USER/Downloa ds/2112-Article Text-3858-1- 10-20211102.pdf
Iskandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Gaung Persada (GP) Press.
Iswari, M. (2008). Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. UNP PRESS.
Kardi, S., & Nur, M. (2000). Pengajaran Langsung. Universitas Negri Surabaya.
Muhammad, J. (2011). Implementasi Paikem dari Behavioristik. Prestasi Pustaka.
Nunung, A. d. (2012). Seluk Beluk Tunagrahita & Strategi Pembelajaran. Javalitera.
Nurrohman. (2014). Budidaya Sawi Secara Hidroponik Rakit Apung. J.Produksi
Sakinah, N., & Martias, Z. (2021). Meningkatkan Keterampilan Membuat Hiasan Kaligrafi Dari Manik-manik Dengan Model Direct Instruction Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh. Penelitian Pendidikan Khusus,
Senjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran (Teori & Praktek KTSP). Kencana.
Soemantri & Sucihati. (2012). Psikolog Anak Luar Biasa. In PT Refika Aditama.
Sudarto. (2016). Keterampilan dan Nilai Sebagai Materi Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Al Lubab.
Sumekar. (2009a). Anak Berkebutuhan Khusus: Cara Membantu Mereka agar Berhasil dalam Pendidikan Inklusif. UNP PRESS.
Trianto, T. (2010). Model Pembelajran Terpadu. Bumi Aksara.
Yamin & Ansari. (2009). Taktik Mengembangan Kemampuan Individual Siswa. GP PRESS.
Yudhistira & Dadang. (2013). Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK (Asli Perlu Ilmiah Konsisten). PT Gramedia.
Article Metrics
Abstract Views : 263 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.