Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Dengan Menggunakan Metode Quantum Learning Pada Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research di Kelas XII SLB Negeri Batubara)

Aan Kurniawan(1), Nurhastuti Nurhastuti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah penggunaan teknik pembelajaran kuantum dapat secara efektif meningkatkan jumlah siswa yang mempersiapkan diri untuk menulis catatan khusus untuk siswa Tunagrahita ringan XII SLB Negeri Batubara. Penelitian ini mengadopsi penelitian tindakan. Analisis data dilaksanakan memanfaatkan tiga langkah, yaitu reduksi data, paparan data, dan penyimpulan. Kesimpulan dari 8 kali percobaan dengan 2 siklus yaitu hasil akhir yang diperoleh pada pertemuan IV siklus I yaitu 50% dan 53% sedangkan siklus II yaitu 81% dan 86%. Hasil penelitian membuktikan bahwasanya anak tunagrahita ringan di SLB Negeri Batubara mengalami peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana setelah menggunakan metode quantum learning

Keywords


Tunagrahita Ringan, Kalimat Sederhana, QuantumLearning

References


Aries, W. E. (2016). Meningkatkan Keterampilan Menulis Melalui Lingkaran Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 5(2), 136–144.

Hendriani, A. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(1).

Rahmi, Asri, & Damri. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Melalui Media Buku Halus Kasar bagi Anak Disgrafia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5305 - 5312.

Widya, I. L, & Nurhastuti. (2018). Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Mahar Pernikahan dari Uang Kertas Pada Anak Tunarungu Widya Indah Lestari 1 , Nurhastuti 2. JUPEKhu, 6, 206–213.


Article Metrics

 Abstract Views : 204 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.