Meningkatkan Kemampuan Mengenal Hewan Ternakmelalui Media Video Pembelajaran Pada Anak Tunagrahita Sedang

Naini Lubis(1), Fatmawati Fatmawati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Penelitian ini membahas dua siswa tunagrahita yang mengalami masalah dalam mengenal suara hewan ternak, yang mana anak masih kesulitan menyebutkan nama dari suara hewan ternak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan membuktikan kemampuan mengenal suara hewan ternak melalui media video pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengenal suara hewan ternak pada anak tunagrahita sedang.Metode penelitian inimenggunakan tindakan kelas dengan dua siklus, yang dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi, dengan menggunakan analisis datakualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berpedoman pada hasil observasi, tes, dan diskusidengan kolaborasi

Keywords


suara hewan ternak, video pembelajaran, tunagrahita sedang

References


Darmadi, Hamid. (2015). Desain DanImplementasi Penelitan Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suhardjono & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara

Fatmawati. (2013) “Meningkatkan Kemampuan Mencuci Rambut melalui Analisis Tugas bagi Anak Tunagrahita Sedang”. Google Schoolar. Volume1 Nomor 2 Mei 2013.

Fatmawati. Widya Putri, Wike. (2020). DOWNSYNDROM HEBAT. Jakarta: KENCANA

Arsyad. (2006). “Deskripsi Media.” : 6–28. Kemis, Kemis, and Ati Rosnawati. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Jakarta: PT. LUXIMA METRO MEDIA.

Muclhis. (2014). Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Akasara.

Muliawan. (2010). PenelitianTindakan Kelas. Yogyakarta: Gava Media.

Nurwahidah, Cut Dhien, Zaharah Zaharah, and Ibnu Sina. (2021). “MediaVideo Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa.” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Pencerahan 17(1).

Putri, Anastasya Griselda Maharani, and Fitri Sya’bandyah. (2019). “Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Belajar Mengenal Hewan Ternak Berbasis Android Menggunakan Unity Pada Tk Dharma Kartika.” Infotronik : Jurnal TeknologiInformasi dan Elektronika

(2): 79.

Rochyadi, E. (2012). “Karakteristik Dan Pendidikan Anak Tunagrahita.” PengantarPendidikan Luar Biasa: 6.3-6.54.

Rosma Yanti, Selviana. (2019). “EfektivitasMedia Power Point Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan Pada Anak Tunagrahita Sedang.” Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 7(1): 136–

http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/103212.

Sanjaya, Wina. (2016). Penelitian TindakanKelas. Jakarta: KENCANA

PRENADAMEDIA GEOUP.

Sari, Siti Fatimah Mutia, Binahayati Binahayati,and Budi Muhammad Taftazani. (2017). “Pendidikan Bagi Anak Tuna Grahita (Studi Kasus Tunagrahita Sedang Di Slb N Purwakarta).” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 4(2): 217–22.

Susilana, Rudi &, and Cepi Riyana. (2008). “Komputer Dan Media Pendidikan DiSekolah Dasar.” Wacana Prima: 5–35.

Yudianto, Arif. (2017). “Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran.” Seminar Nasional Pendidikan 2017: 234–37.

Yusuf, Iskandar A, and Bambang Priadie. (2014).“Emisi Hewan Ternak Acuan Untuk Menghitung Potensi Beban Pencemaran Limbah Hewan.” Jurnal Sumber Daya Air 10(1): 85–96.

Zakharia, Jodi, Indah Fenriana, and Ellysha Dwiyanthi Kusuma. (2020). “Aplikasi Pengenalan Suara Hewan Pada TK PelangiDengan Metode Forward Chaining.” Algor1(2):30–36. https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/algor/article/view/326.

Sumekar, G. (2009). Anak berkebutuhan khusus: Cara membantu mereka agarberhasil dalam pendidikan inklusif.Universitas Negeri Padang Press (UNP Press).

Susanti, Suadnyana, Zulaikha. (2014).Pengaruh Model Snowball Throwing Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VII SD Gugusi Gusti Ngurah Rai Denpasar. 2-1

Trianto. (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: PrestasiPustakarya.

Wijaya, Marlina, E. H. (2002). Intisari Tata Bahasa Indonesia untuk SLTP. Bandung: Pustaka Setia


Article Metrics

 Abstract Views : 215 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.