Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Sas (Struktural Analisis Sintetik) Bagi Anak Tunagrahita Ringan

Rohayati Rohayati(1), Setia Budi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


This study aims to prove whether the SAS method can improve early reading skills in intellectual disability. The research method used is classroom action research which consists of two cycles. With the SAS method, intellectual disability students can read structurally. Based on the results of the study, the ability of children to read at the beginning increased compared to before using the SAS method. This is evident from the results of research using the SAS method to improve early reading skills.

Keywords


Intellectual disability, Early reading skills, SAS Method

References


Arikunto, Suhardjono, dan S. (2015). Penelitian Pendidikan Kelas. Bumi Aksara.

Arikunto, S. & S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Sinar Grafika Offset.

Aulina, C. . (2012). Pengaruh permainan dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. PEDAGOGIA : JURNAL PENDIDIKAN, 1(2).

Budi, S. (2019). Pengaruh pemanfaatan jurnal terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah anatomi fisiologi genetika dan neurologi mahasiswa semester 1 jurusan PLB FIP Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(2), 43–46.https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/548

Budi, S., Nurhastuti, N., & Utami, I. S. (2021). Edukasi Mencuci Tangan Dalam Upaya Pencegahan Virus Corona Melalui Video Tutorial Pada Mahasiswa berkebutuhan Khusus Di Pendidikan

Tinggi. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(1), 19–23.

https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i1.564

Budi, S., Rehan, N. J., & Wulandari, N. L. (2020). PENGALAMAN BELAJAR DARING SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA PANDEMI COVID-19 DI SD INKLUSIF

Budi, S., Ukhti, A., & Utami, I. S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Metode Fernald Pada Anak Disleksia. 6(1), 750–754.

Budi, S., Utami, I. S., Jannah, R. N., Wulandari, N. L., Ani, N. A., & Saputri, W. (2021). Deteksi Potensi Learning Loss pada Siswa Berkebutuhan Khusus Selama Pembelajaran Daring Masa

Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusif. Jurnal Basicedu, 5(5), 3607–3613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1342

Dalman. (2012). Keterampilan Membaca. Rajawali Pres.

Efendi, M. (2014). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Bumi Aksara.

Fauziah, P. (2016). PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF CERDAS BELAJAR BACA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN (Studi Eksperimen Dengan Desain Single Subject Research

Terhadap Siswa Tunagrahita Ringan Kelas III SDLB C Cinta Asih). UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa), 1(1).

Kurniawan, N. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Budi Utama.

Murini, Yanie, D. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1).

Suyadi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan sekolah. Andi Offcet.


Article Metrics

 Abstract Views : 200 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.