Efektivitas Media Binder Suku Kata Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Belajar di SD Negeri 12 Pisang

Nadia Oktafiana(1), Kasiyati Kasiyati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1191240.64

Abstract


Penelitian ini membahas tentang permasalahan yang ditemukan di SD Negeri 12 Pisang. Peneliti menemukan seorang anak disleksia yang mempunyai kesulitan dalam membaca permulaan, khususnya dalam membaca kata benda berpola KV-KV. Tujuan penelitian ini ialah untuk membuktikan efektivitas media binder suku kata dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan (membaca benda berpola KV-KV). Metodologi yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan pendekatan single subject research (SSR) dengan desain A-B-A dan menggunakan analisis visual grafik. Variabel dianalisis menggunakan persentase, hasil analisis kemampuan membaca permulaan (membaca kata benda berpola KV-KV) menggunakan media binder suku kata yaitu, pada kondisi baseline (A1), Intervensi (B), dan baseline (A2) diperoleh hasil stabil pada skor 13%, 100% dan 100%. Hasil penelitian yang diperoleh disimpulkan bahwa media binder suku kata efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan (membaca kata berpola KV-KV) bagi anak kesulitan belajar membaca (disleksia). 

Keywords


Membaca Permulaan; Media Binder Suku Kata; Anak Berkesulitan Belajar Membaca.

References


Afrianti Yulia, A., & Wirman. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstmulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1156–1163.

Damri, Fatmawati, & Y. P. (2013). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KATA MELALUI METODE GLOBAL BAGI ANAK KESULITAN BELAJAR. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu

Damri & Putri, Y. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Gambar bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas III di SD Negeri 33 Kalumbuk Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7, 30–35.

M. Marlina. (2021). Single Subject Research (Penelitian Subjek Tunggal). RajaGrafindo Persada.

Marlina. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. UNP PRESS.

Sarkiyah. (n.d.). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu di Kelas 1 Madrasa Ibtidaiyah Alkhairaat Uemalingku Kecamatan Ampana Kota. 4(4), 137–151.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif danR & D). Alfabet.

Sunanto, J. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subjek Tunggal.

Taufan, J., Kasiyati, Irdamurni, & Zulmiyetri. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU PADA PEMBELAJARAN MEMBACA ANAK DISLEKSIA. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2001), 29–32.

Yuni, A., & Damri. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Kantong Bilangan bagi Siswa Berkesulitan Belajar di SDN 19 Air Tawar Barat. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(2), 129–134.


Article Metrics

 Abstract Views : 236 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.