MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA 3 DIMENSI KERETA HURUF BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

Lisnawati Lisnawati(1), Martias Z(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1191070.64

Abstract


Pembelajaran wajib yang harus diikuti oleh siswa tunagrahita yaitu pembelajaran Bahasa Indonesia, dimana dimulai dari pembelajaran mengenal huruf. Di sekolah SLBN Padangsidimpuan kemampuan mengenal huruf pada anak tunagrahita masih sangat rendah. Dilakukanlah penelitian pada anak tunagrahita kelas IV SLBN Padangsidimpuan sebanyak dua orang siswa dengan inisial R, dan Z yang kemampuan mengenal huruf nya masih rendah. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak tunagrahita melalui media kereta huruf. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari empat kali pertemuan dan siklus II terdiri dari empat kali pertemuan. Dari hasil penelitian yang diperoleh peningkatan mulai kemampuan awal anak dari R 50% dan Z 55% kemudian diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi R 65% dan Z 60%, kemudian dilanjutkan pada siklus II kemampuan anak semakin meningkat menjadi R 83% dan Z 86%

Keywords


Media Kereta Huruf, Mengenal Huruf, Tunagrahita

References


Apriyanto, A., & Nunung, N. (2012). Seluk-Beluk Tunagrahita & Strategi Pembelajarannya. JAVALITERA.

Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurnal Pendidikan Islam.

Daryanto, D., & Syaifu, K. (2017). Pembelajaran Abad 21. Gava Media.

Faizah, F. (2017). Psikologi Pendidikan. UB Press.

Rahmat, S., Lenggang, D. E., Yulinda, K. K., & Rudi, C. (2020). PENGEMBANGAN FLASHCARD BERBASIS KARAKTER HEWAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK TUNAGRAHITA RINGAN. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 3940.

Rochyadi, E. (2012). Modul Karakteristik dan Pendidikan Anak Tunagrahita.

Slusilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Edunomika, 02(01), 45


Article Metrics

 Abstract Views : 239 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.