Meningkatkan Kemampuan Menyetrika Pakaian Melalui Metode Analisis Tugas Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Bina Bangsa Padang

Resna Dianti(1), Kasiyati Kasiyati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1190310.64

Abstract


Penelitian ini dilaterbelakangi oleh kegiatan mengajar guru yang kurang maksimal dalam pembelajaran binadiri tentang menyetrika baju pakaian khususnya baju kemeja. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 silklus. Penelitian ini dilakukan melalui kolabarsi dengan  guru kelas IX. Menurut hasil penelitian ini tampak perkembangan kompetensi siswa dalam menyetrika baju kemeja. Kemampuan awal siswa B adalah 46% dan siswa D 40%. Pada siklus 1 terjadi peningkatan yaitu siswa B 73% dan siklus 2 88%. Sedangkan pada siswa D pada siklus I juga mengalami peningkatan dengan hasil 70% dan siklus II 87%. Jadi dapat diartikan bahwa metode analisis tugas bisa meningkatkan kemampuan menggosok baju bagi anak tunagrahita ringan kelas IX di SLB  Bina Bangsa Padang. Melalui penelitian ini semoga bisa menambah pemahaman tentang keterampilan menyetrika baju kemeja melalui metode analisis tugas.


Keywords


menyetrika pakaian, analisis tugas, tunagrahita

References


Widayati. (2008). Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi – Universitas Negeri Yogyakarta 87. JURNAL

PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN, VI(1), 87–93.

Febriantika, Y. A., & Juanita, F. (2018). Pengaruh metode demonstrasi. 10(02), 1–7.

Istiqomah, N. (2017). Anak Berkebutuhan Khusus Retardasi Mental (Tunagrahita). 66, 37–39.

Mirnawati. (2018). Pembelajaran Bina Diri Bagi Anak Tunagrahita Di Sekolah. Pendidikan Khusus, 1–9.

Saputra, N., Zanthy, L. S., Gradini, E., Jahring, Rif’an, A., & Ardian. (2021). Penelitian Pendidikan Kelas. Aceh: Yayasan

Penerbit Muhammad Zaini.

Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita.

Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116–126. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.3


Article Metrics

 Abstract Views : 473 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.