Peningkatkan Keterampilan Membuat Vas Bunga Dari Batu Koral Melalui Media Video Tutorial Bagi Anak Tunadaksa Kelas IX

Irfandi Irfandi(1), Nurhastuti Nurhastuti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1189580.64

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada kelas IX tunadaksa di SLB alhidayah Padang dalam keterampilan membuat vas bunga dari batu koral, yang disebabkan oleh kurang tepat metode pembelajaran yang digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek  dua orang anak tunadaksa dan satu orang guru kelas.Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus I dilakukan sebanyak empat kali pertemuan, hasil kemampuan anak pada akhir pertemuan siklus I  A 71,21% dan F 66.66%. Kemampuan yang dimiliki anak belum optimal, karena hasil kerja belum semuanya bisa dikuasai anak. Penulis dan kolaborator melanjutkan pada siklus II agar mendapatkan nilai yang optimal. Pada siklus II ini juga dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Hasil pengukuran kemampuan A 89,39% dan F 87,87%. Berdasarkan hasil siklus I dan II ini anak sudah mandiri dan mencapai hasil yang optimal dalam keterampilan membuat vas bunga dari batu koral melalui media video tutorial. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode video tutorial dalam pelaksanaan pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan membuat vas bunga dari batu koral bagi anak tunadaksa


Keywords


Vas Bunga, Media Video Tutorial, Tunadaksa

References


Nurfadillah, & Nurhastuti. (2018). Media Pembelajaran Video Komunikasi Total untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Anak Tunarungu. Journal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(1), 230–237.

Pitriani, S. (2020). ANALISIS MATERI POKOK SENI BUDAYA DAN PRAKARYA ( SBdP ) KELAS III MI / SD ANALYSIS OF THE SUBJECT MATTER OF ART AND CULTURE AT THE THIRD GRADE OF ELEMENTARY SCHOOL. 7(1), 60–73.

Putri, R. E., & Iswari, M. (2018). Media Video Tutorial dalam Keterampilan Membuat Boneka dari Kaus Kaki Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 178–185.

Zainal, A. (2013). Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Yrama Widya.


Article Metrics

 Abstract Views : 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.