Meningkatakan Konsentrasi Belajar Menggunakan Media Puzzle Pada Anak ADHD Kelas 1 di SD Pembangunan Laboratorium UNP

Febri Purnama Sari(1), Armaini Armaini(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1188410.64

Abstract


Konsentrasi belajar tidak akan terlepas dari proses seseorang untuk mengerti materi pembelajaran. Konsentrasi belajar berpengaruh pada prestasi belajar anak, namun seseorang yang memiliki konsentrasi belajar rendah maka prestasi belajarnya akan rendah juga. Anak ADHD di SD Pembangunan Laboratorium diidentifikasi satu orang anak ADHD memiliki konsentrsi belajar yang rendah hal ini juga dibuktikan dengan hasil asesmen. Di artikel ini untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak ADHD digunakan media puzzle dan menggunakan metode penelitian dalam bentuk single subject research(SSR) dengan konsep A- B- A untuk melihat ada tidaknya peningkatan konsentrasi belajar anak ADHD. Subjek penelitian ini seseorang anak ADHD berinisial S. Metode analisa data yang dipakai dalam riset ini dilakukan dengan metode analisa data dalam kondisi serta analisa informasi antar kondisi. Hasil riset membuktikan, overlap informasi A1- B 0% serta A2- B 57% yang mana dapat simpulkan jika bermain puzzle bisa meningkatkan konsentrasi belajar anak ADHD.


Keywords


Puzzle, Konsentrasi Belajar, ADHD

References


Dwi Permata, R. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.29407/pn.v5i2.14230

Fatimah. (2012). Penanganan Anak Hiperaktif Melalui Terapi Bermain (Studi Kasus di TK Al-Hidayah V Ngasinan Kwarasan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012). Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Karlina, V. (2020). Peran Permainan Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Motorik Halus Bagi Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 15(1).

Khayati, F. N., & Pranandari, C. (2019). The Influence of Education Puzzle Game to Concertrationof Children with Attention Deficit and Hyperactivity Disorder In Arogya Mitra Acupuncture Klaten. Jurnal of Physics : Conference Series, 1179(1), 12129.

Marlina, M. (2021). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal. Raja Grafindo Persada.

Prabawat, F. A. M., & Ditasari, N. N. (2018). Peningkatan Atensi pada Anak ADHD dengan Teknik Self Instruction. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 2(1), 27. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v2i1.1138

Walgito, B. (2015). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.


Article Metrics

 Abstract Views : 642 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.