Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Fernald pada Siswa Berkesulitan Belajar (Single Subject Research di Kelas IV SDN 26 Teluk Bayur Padang)

Aulia Shafira(1), Armaini Armaini(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1188370.64

Abstract


Peningkatan kemampuan membaca permulaan dapat dilakukan dengan salah satu metode pembelajaran yaitu metode fernald. Metode fernald dalam pembelajarannya melibatkan semua kerja sensori diantaranya visual, auditori, kinestetik dan takstil yang disingkat dengan VAKT. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk meneliti permasalahan ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yang berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan dalam tiga kondisi yaitu baseline (A), intervensi (B) dan kondisi baseline (A2) dengan 17 kali pertemuan dengan hasil persentase kemampuan membaca permulaan anak berada pada 88%. Berdasarkan data hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak kesulitan belajar membaca meningkat setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan metode fernald di kelas IV SDN 26 Teluk Bayur Padang.


Keywords


Disleksia, Membaca Permulaan, Metode Fernal

References


Elsa Efrina. (2013). Bahan Ajar Mata Kullah Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. 1–99.

Nainggolan, D., & Sumarsih, S. (2017). Pengaruh Metode Fernald Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A di PAUD Mekar Sari Penarik Mukomuko. Jurnal Potensia PG PAUD FKIP UNIB, 02(01), 71–78.

Sabrina Putri Aldani. (2015). Penggunaan Media Playdough Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Anak Tunarungu Yang Disertai Cerebral Palsy Kelas VII di SLB-B YPLB Majalengka. Universitas Pendidikan Indonesia, Majalengka., 23–24.

Septi Dwirahayu. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Fernald Pada Anak Berkesulitan Belajar Kelas II Dalam Model Kelas Inklusi Kluster di SDN Bangunrejo 2 Yogyakarta. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 53(9).


Article Metrics

 Abstract Views : 136 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.