Efektivitas Alat Bantu Trigonal Pencil untuk Meningkatkan Keterampilam Pramenulis bagi Anak Cerebral Palsy

Reza Lidia Sari(1), Nurhastuti Nurhastuti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1187730.64

Abstract


Alat bantu trigonal pencil merupakan salah satu  media alternatif buat mengupayakan serta menolong anak dalam memegang pensil dengan metode yang pas untuk anak cerebral palsy. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan subjek tunggal dengan desain A- B- A. Metode analisis informasi yang digunakan yakni metode analisis visual grafik. Dicoba sebanyak 16 pertemuan. Hasil perolehan informasi dari aktivitas baseline awal( A1) merupakan 31, 6%, 33, 3%, 33, 3%, 33, 3%. Intervensi ( B) tiap- tiap menggapai hasil 45%, 45%, 58, 3%, 60%, 76, 6%, 86, 6%, 86, 6%, serta 86, 6%. Setelah itu pada baseline kedua( A2) hasilnya merupakan 88, 6%, 91, 6%, 93, 3%, 95%. Hasil penelitian ini menampilkan bahwa alat bantu bantu trigonal pencil efektiv dalam meningkatkan keterampilan pramenulis, perihal ini nampak pada perolehan nilai yang anak miliki dalam tiap keadaan.


Keywords


trigonal pencil; keterampilan pramenulis; cerebral palsy

References


Arikunto, S. (2013). "Manajemen Penelitian". Rineka Cipta.

Damri, D. (2019). "Panduan Pembelajaran Inklusi Di Sekolah Menengah Pertama". Malang: CV IRDH.

Damri, D., Taufan, J., Irdamurni, I., Zulmiyetri, Z., & Afrianti, N. (2018). "Mengurangi Perilaku Stereotype Menjilat Tangan pada Siswa Autis Melalui Teknik Aversi". Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 10. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.312

Effendi, J. K. A. (2015). "Efektifitas Alat Trigonal Pencil dalam Peningkatan Menulis pada Anak Kesulitan Belajar di SDN 20 Kalumbuk Padang". Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 4(September), 152–161.

Irdamurni. (2018). "Memahami Anak Berkebutuhan Khusus". Goresan Pena Anggota IKAPI, 344.

Mahnam, L., & Nejadansari, D. (2012). "The effects of different pre-writing strategies on Iranian EFL writing achievement". International Education Studies, 5(1), 154–160. https://doi.org/10.5539/ies.v5n1p154

marlina, marlina. (2021). "Single Subject Research (penelitian subjek tunggal)". Depok: RajaGrafindo Persada.

Mogahed, M. (2013). "Planning out pre-writing activities. International Journal of English and Literature", 4(3), 60–68. https://doi.org/10.5897/IJEL12.120

Nurdini, D. (2014). "Meningkatkan Kemampuan Pramenulis Anak Usia Dini melalui Kegiatan Menggambar". Perpustakaan.upi.edu.

Nurhastuti, Kasiyati, Zulmiyetri, & Irdamurni. (2019). "Need assessment of parents of children with cerebral palsy observed from family counselling". International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(6), 197–207.

Nurhastuti, N. (2019). "Bahan Ajar Mata Kuliah Perspektif Anak Tunadaksa". In Google Scholar. https://doi.org/http://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nurhastuti, N., Zulmiyetri, Z., Setia Budi, & Iga Setia Utami. (2021). "Ketahanan Mental Keluarga Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Menghadapi New Normal". Jurnal Buah Hati, 8(1), 20–32. https://doi.org/10.46244/buahhati.v8i1.1204

Sulistyorini, I. W., & Joel, O. C. (2020). "Pengaruh Penggunaan Media Pensil Grip Terhadap Peningkatan Kualitas Kemampuan Menulis Permulaan Anak Tunagrahita Sedang". Journal Of Special Education, Vi(1).


Article Metrics

 Abstract Views : 246 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.