Peningkatan Keterampilan Membuat Kue Lupis Melalui Metode Explicit Instruction pada Anak Tunarungu

Nur Halda Salsa Billa(1), Armaini Armaini(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1187340.64

Abstract


Latar belakang dari penelitian adalah kemampuan guru yang belum maksimal dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) keterampilan vokasional membuat kue lupis di dalam kelas sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa tunarungu di kelas. Jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua (2) Siklus dengan desain kolaboratif. Artinya, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas XI anak tunarungu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode explicit instruction bisa meningkatkan kemampuan anak dalam pembuatan kue lupis. Kondisi awal anak LS 43%. Terjadi peningkatan kemampuan pada siklus I menjadi 73%. Pada siklus II meningkat menjadi 93%. Pada anak DW kondisi awal anak 41%. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 71%. Pada siklus II meningkat menjadi 90%. Sementara pada anak PR pada kemampuan awal 41%. Pada siklus I meningkat 66% dan pada siklus II terjadi peningkatan 88%. Kesumpilan dari penelitian bahwa metode explicit dapat meningkatkan kemampuan keterampilan membuat kue lupis pada anak tunarungu kelas XI di SLB Luak Nan Bungsu. Saran bagi guru agar metode explicit instruction ini dijadikan sebagai metode pebelajaran yang bisa membantu anak tunarungu dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) terkait keterampilan vokasional membuat Kue sesuai dengan kompetensi dasar yang ditetapkan


Keywords


Metode Explicit Instruction, Keterampilam Membuat Kue Lupis, Tunarungu

References


Chomariyah, S. N. (2021). Implementasi Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Memasak Produk Cake Dan Kue Indonesia Pada Siswa Kelas XI TBG2 SMKN 1 Wonoasri Kabupaten Madiun Tahun 2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV), 2(4), 3842.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 4(1).

Jaya, H. (2017). Keterampilan Vokasional Bagi Anak Berkebutuhan khusus: Perawatan dan Perbaikan Alat Elektronika. In Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar. Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar.

Oktaferly, Y., & Nurhastuti. (2021). Model Explicit Instruction dalam Pembelajaran Keterampilan Membuat Giftbox dari Kardus Bekas. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 9, 8088.

Zahara, L., & Armaini, A. (2018). Penggunaan Model Explicit Instruction untuk Keterampilan Menjahit Kancing Baju bagi Anak yang Mengalami Hambatan Mental. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 262267.


Article Metrics

 Abstract Views : 129 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.