Peran Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Memotong Sayur Bagi Anak Down Syndrome di SLB Bina Bangsa Padang

Yolanda Verica Naraeis(1), Zulmiyetri Zulmiyetri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1182900.64

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seorang anak down syndrome yang mengikuti kegiatan memasak di SLB Bina Bangsa, dimana anak ini ikut membantu dalam kegiatan memotong sayur. Sedangkan terdapat stigma yang mengatakan bahwa anak down syndrome tidak memiliki kecakapan dalam beraktivitas sehari-hari dan hanya bergantung kepada orang lain dalam setiap kegiatannya. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode analitis. Sumber data atau informan dalam penelitian ini adalah  kepala sekolah dan guru keterampilan di SLB Bina Bangsa. Adapun subjek dari penelitian ini adalah guru yang mengajarkan keterampilan memotong sayur pada anak down syndrome. Hasil penelitian memunjukkan bahwa guru memiliki peran untuk membimbing, mengawasi dan melatih agar siswa dapat memisahkan batang dan daun pada sayuran, memotong, mencuci bersih sayur sebelum dimasak, membersihkan sisa sayur yang tidak terpakai ke tempat sampah, serta membereskan peralatan yang telah digunakan untuk memotong sayuran.

Keywords


peran guru, keterampilan memotong sayur, down syndrome

References


Adam, N & Hasmawati, H. (2018). Studi Tentang Partisipasi Peserta Didik Kelas VIII Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Pada Seni Budaya Tari di Madrasah Tsanawiah Negeri Kota Ternate. Jurnal Geocivic 1 (1).

Kosasih, E. (2012). Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung : Yrama Widya.

M.S.A, Suplig N. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Proyek di Kelas VIII SMP Tunas Daud Denpasar. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 10(1). 11-19.

Nurhayati, W., Sulistiani, I. R., & Mustafida, F. (2019). Penerapan Pembelajaran Tematik Kelas Rendah di MI Miftahul Ulum Gendol Sukorejo Pasuruan. Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(3), 72–81.

Seprinawati & Efendi, Jon. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Vokasional Membuat Sandal Kulit Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri 2 Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7.1, 154-159.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) . Bandung : Alfabeta.

Winata, N. T. (2019). Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia Dalam Media Massa Daring (Detikcom). Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 115–121. https://doi.org/10.31943/bi.v4i2.52


Article Metrics

 Abstract Views : 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.