Meningkatkan Keterampilan Membuat Case Rilief Print Painting Melalui Direct Instruction Anak Tunagrahita Ringan

Elma Mardiyana(1), Martias Z(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1182670.64

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai siswa tunagrahita yang mengalami masalah dalam minimnya keterampilan membuat case rilief print painting. Adapun tujuan penulisan ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan dalam membuat case rilief print painting menggunakan model direct instruction bagi anak tunagrahita. penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan tatap muka yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran keterampilan membuat case rilief print painting bagi anak tunagrahita ringan kelas III dilakukan menggunakan model direct instruction. Keterampilan membuat case rilief print painting meningkat menggunakan model direct instruction. Setelah diberikan tindakan A mendapatkan persentase 88,33% dan Q mendapatkan persentase 85,00%. dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan membuat case rilief print painting dapat meningkat menggunakan model direct instruction.


Keywords


Direct Instruction, Case Rilief Print Painting, Tunagrahita Ringan

References


Ainun, S. N., & Martias, Z. (2020). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Kue Brownies Melalui Metode Pembelajaran Langsung bagi Anak Tunarungu. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), 36–40.

Damri, Damri, Ligusti, D. S. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Efektivitas Penggunaaan Metode Direct Instruction untuk Meningkatkan Keterampilan Melukis Henna Pengantin pada Anak Tunarungu Di SLB. 3(6), 4858–4864.

Damri, D., & Yunus, M. (2013). Meningkatkan Keterampilan Membuat Box File Melalui Metode Demonstrasi pada Anak Tunagrahita Ringan di Kelas VI SLB Binar Tarusan. E-JUPEKhu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 2(3), 11–12.

Green, F. (2015). What is Skill ? An Inter-Disciplinary Synthesis What is Skill ? An Inter-Disciplinary Synthesis. May.

Iswari, M. (2007). Pendidikan Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Repository.Unp.Ac.Id. http://repository.unp.ac.id/1019/1/MEGA ISWARI_286_09.pdf

Sanjaya, D. R. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.

Sumekar, G. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus Cara Membantu Mereka Agar Berhasil Dalam Pendidikan Inklusif. UNP Press.


Article Metrics

 Abstract Views : 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.